Tak Selalu Harus Pagi-pagi, Ini 5 Orang Sukses yang Sering Bangun Siang

Rahmi Anjani - wolipop Kamis, 29 Agu 2019 06:15 WIB
Foto: iStock Foto: iStock

Jakarta -

Sejumlah riset dan pakar mengungkap bangun pagi adalah salah satu kebiasaan orang sukses. Banyak pengusaha dan orang terkenal yang memulai harinya bahkan sejak pukul 04:00. Mereka dianggap lebih produktif karena memanfaatkan untuk waktu di mana kebanyakan orang masih terlelap dengan membaca, berolahraga, hingga mencicil pekerjaan. Tapi tentu tak semua orang sukses demikian. Banyak orang kaya di dunia lain yang bangun bahkan di atas pukul 10:00.

Untuk sukses seperti para pecinta bangun pagi, misalnya Michelle Obama dan Tim Cook, Anda tak harus mengubah jadwal tidur. Apalagi sejumlah orang memang memiliki kecenderungan untuk bangun siang karena baru bisa terlelap tengah malam. Pakar tidur Michael Breu menyarankan agar Anda mencari tahu chronotype (pola waktu tidur alami setiap orang) masing-masing dari pada mengikuti kebiasaan tidur orang lain. Michael mengatakan jika sebanyak 20% populasi dunia lebih sering bangun siang dan mereka justru lebih produktif dan kreatif ketika malam.
Ini lima orang sukses yang sering bangun di atas pukul 10:00:

Mark Zuckerberg, CEO Facebook
Dilansir Fast Company, Mark adalah salah satu orang sukses yang sering bangun siang. Apalagi di awal-awal Facebook didirikan. Dalam sebuah sesi tanya jawab, ia pun mengaku bukan orang yang bisa bangun pagi. Tapi kebiasaan ini sedikit berubah sejak Mark memiliki anak karena mulai bangun sejak pukul 08:00.

Pharrell Williams, Penyanyi dan Pencipta Lagu
Banyak produser yang harus terjaga hingga malam ketika memproduksi lagu, termasuk Pharrel. Ia mengaku sering menelepon pada malam hari dan mulai masuk studio tengah malam dan bekerja sampai pagi. Hal ini bisa dilakukannya setiap hari. Tentu Pharrell tidak bangun pagi apalagi ia juga tak menggunakan alarm.

Warren Buffet, CEO Even Berkshire Hathaway
Orang kaya lain yang terang-terangan tak mengikuti kebiasaan bangun pagi seperti CEO lain adalah Warren Buffet. "Aku biasanya akan tidur delapan jam setiap malam. Aku tidak punya hasrat untuk bekerja pukul 4 pagi hari," tuturnya kepada PBS.



Alexis Ohanian, Cofounder Reddit

Alexis yang juga suami dari Serena Wiliams biasa bangun jam 10 pagi. Tampaknya salah satu alasan Alexis bangun siang karena sering pakai gadget sampai malam. "Aku mencoba untuk tidak menaruh komputer di tempat tidur. Aku biasanya tidur dengan itu. Aku dulu terbangun dengan memeluk laptop," katanya kepada Fast Company.

Aaron Levie, CEO Box
Sering tidur pukul 03:00, Aaron biasa bangun lebih dari 10:00. Seperti kebanyakan orang, Aaron pun akan membuka gadget lalu mengecek email setelah bangun. Untuk lebih produktif, ia mengandalkan tidur siang dan banyak minum kopi.
Jika Anda tipe orang yang selalu tidur malam dan bangun siang seperti kelima orang sukses di atas pasti sulit untuk menyesuaikan jam kerja kantoran biasanya. Sayangnya tidak semua orang adalah bos yang bisa masuk dan pulang sesukanya. Untuk itu, pakar menyarankan beberapa cara agar tak terlelap kemalaman, yakni dengan menunda minum kopi sampai pukul 11:00 dan sering jalan-jalan pagi untuk mendapat paparan sinar matahari yang bisa membantu jam biologi.




Simak Video "Ini Rutinitas yang Dilakukan Orang Sukses Sebelum Jam 8 Pagi"
[Gambas:Video 20detik]
(ami/ami)