Pesan Jack Ma Kepada Para Wanita Agar Berani Jadi Pemimpin

Rahmi Anjani - wolipop Rabu, 28 Agu 2019 14:05 WIB
Foto: Reuters Foto: Reuters

Jakarta - Peran wanita dalam dunia kerja masih perlu dukungan. Bukan rahasia lagi jika jumlah mereka dalam jajaran tertinggi perusahaan belum sebanyak pria. Untuk mencapai keseimbangan gender, dorongan dari lingkungan terdekat dan perusahaan paling dibutuhkan. Melalui konferensi global yang diadakan Alibaba, pengusaha Jack Ma pun punya saran kepada para wanita untuk percaya diri mengambil kesempatan menjadi pemimpin.

Jack Ma hadir dalam 'Global Conference on Women and Entrepreneurship' yang diadakan hari ini, Rabu, (28/8/2019). Bertema 'The World She Made', pengusaha asal China tersebut berusaha untuk mendukung wanita membuat dunia yang lebih baik dengan peran mereka dalam kepemimpinan juga kewirausahaan.

Disampaikan Jack Ma bahwa ia meminta untuk 30% jajaran tertinggi diisi oleh wanita bagaimana pun caranya. Ia pun melihat jika keseimbangan antara pria dan wanita dalam perusahaan akan menjadikan dunia lebih baik begitu juga hasil kerja di perusahaan.

"Saya mengobservasi bahwa persentase wanita dalam sebuah perusahaan menentukan keberlangsungannya. Sejak awal Alibaba telah memiliki keseimbangan gender yang baik. Dengan wanita, produk service dan produk menjadi lebih baik, mereka juga menjadikannya lebih cantik," ungkapnya dalam konferensi di Hangzhou, China yang juga disiarkan di kantor Lazada, Capital Place Jakarta, Indonesia dan Sydney, Australia.

Pesan Jack Ma Kepada Para Wanita Agar Berani Jadi Pemimpin Foto: Rahmi Anjani/Wolipop
Pria 54 tahun tersebut mengaku bermimpi untuk melihat keseimbangan gender dan keseimbangan rasio pemimpin di masa depan. Dalam konferensi yang juga diselingi sesi tanya jawab tersebut ia menyarankan agar wanita menerima tantangan dan percaya diri untuk membantu diri mereka sendiri. Bercanda ingin menjadi wanita jika dilahirkan kembali, Jack pun mengungkap apa yang menurutnya adalah kelebihan mereka terkait proses kerja.

"Ketika kita mendengarkan wanita kita mendengarkan manusia. Ketika kita mendengarkan pria, kita mendengarkan uang, teknologi, produk. Wanita peduli dengan orang lain. Dan sebesar apapun perusahaan kalau kita tidak peduli dengan orang lain kita akan kehilangan," tuturnya.

Pengusaha yang dikabarkan akan segera pensiun itu mengaku akan bahagia jika setengah pemimpian adalah wanita. Jack pun percaya jika suatu hari jika wanita bisa memimpin dunia hingga pria harus khawatir dengan persentase diri mereka.

Terkait dengan dunia teknologi digital, Jack Ma berpesan agar pria dan wanita bisa sama-sama menerima tantangan dan bekerja bersama. "Jangan fokus pada teknologi untuk sukses tapi gunakan teknologi untuk membantu orang lain untuk sukses," ungkap Jack.

Simak Video "'Singles Day', Perayaan untuk Jomblo yang Munculkan Diskon Belanja Online 11.11"
[Gambas:Video 20detik]
(ami/ami)