Begini Cara Memperbaiki Typo di Surat Lamaran yang Terlanjur Terkirim

Rahmi Anjani - wolipop Kamis, 22 Agu 2019 07:52 WIB
Foto: Dok. iStock Foto: Dok. iStock

Jakarta - Surat lamaran masih menjadi dokumen yang perlu dilampirkan saat melamar pekerjaan. Tak lagi harus dibuat dalam kertas, kini surat lamaran versi digital lah yang diminta perusahaan. Ketika membuat surat lamaran atau CV mungkin Anda menyadari adanya kesalahan ketik namun dokumen sudah terlanjur terkirim. Apa yang harus dilakukan?

Demi mendapatkan pekerjaan idaman, semua perlu disiapkan secara matang dan sempurna, termasuk surat lamaran dan CV. Adanya salah ketik di dokumen pun bisa jadi mengurangi nilai dan kemungkinan Anda dilirik calon atasan dan pihak HRD. Dilansir situs Money, tiga orang pakar karier mengaku akan lanjut ke kandidat lain setelah melihat typo dalam dokumen pelamar. Karena itu, pastikan semua ejaan dan kalimat sudah benar.

Bagaimana saat Anda baru menemukan adanya kesalahan ketika dokumen sudah terlanjur dikirim? Pakar mengatakan ada baiknya untuk segera diperbaiki, terlebih jika typo cukup fatal, misalnya salah nama perusahaan atau posisi yang dilamar. Ada cara elegan untuk melakukannya yakni dengan mengirim email 'follow-up' untuk menginformasikan adanya kesalahan sekaligus dokumen perbaruannya.

Menurut pakar karier Blair Decembrele, memperbaiki error bisa menggambarkan bahwa Anda orang yang bisa diandalkan dan dapat menyadari serta memperbaiki kesalahan. Disarankan untuk mengirim email dengan kalimat yang ringkas dan 'to the point'. Anda bisa menulis, "Maaf, saya terburu-buru mengirim email dan membuat kesalahan. Saya menyadari adanya kesalahan pada ... dan mengirimkan perbaikannya. Saya menunggu kabar selanjutnya, terima kasih untuk waktunya."

Dengan mengirim dokumen perbaikan, Anda bisa lebih lega jika takut kesalahan tersebut akan mengurangi kesempatan mendapatkan pekerjaan. Setelah melakukannya, Anda pun bisa 'move on' dan jangan terlalu dipikirkan.

Meski begitu pakar lain mengatakan jika mengirim dokumen perbaikan ketika kesalahan ketiknya kecil atau sedikit tidaklah diperlukan. "Kamu tidak ingin jadi kandidat yang membanjiri manajer dengan banyak email," kata Sarah Stoddard.

Mengirimkan perbaikan atau tidak, ada baiknya untuk lebih waspada ketika membuat surat lamaran. Disarankan agar Anda membacakan surat tersebut dengan lantang untuk menyadari adanya kesalahan atau meminta orang lain untuk mengeceknya.

Simak Video "Cara Cut Keke Jaga Penampilan di Usia 40-an"
[Gambas:Video 20detik]
(ami/ami)