Menurut Pakar Karier Harvard, Seperti Ini Surat Lamaran yang Sempurna

Rahmi Anjani - wolipop Selasa, 20 Agu 2019 07:48 WIB
Ilustrasi surat lamaran. Foto: iStock Ilustrasi surat lamaran. Foto: iStock

Jakarta -

Kesuksesan kerja bisa dimulai dari mengirimkan surat lamaran yang baik. Hingga kini CV dan surat lamaran yang rapi dan menarik tetap diperlukan untuk bisa diterima kerja. Di internet, Anda bisa menemukan berbagai contoh dan tips membuat surat lamaran. Melihatnya sebagai bahan inspirasi tentu disarankan tapi usahakan untuk tidak terlalu menirunya.

Pakar karier dari Harvard Extension School, Linda Spencer mengungkap dua kunci terlihat sempurna dalam surat lamaran. Yakni dengan menyampaikan bahwa Anda adalah orang yang tepat untuk posisi tersebut dan akan memberikan nilai tambah kepada perusahaan.
Menurut Linda, manajer atau tim HRD hanya akan melihat surat tersebut tujuh detik sehingga disarankan untuk membuatnya secara padat dan jelas. Berikut contoh surat lamaran sempurna menurut Linda.


Menurut Pakar Karier Harvard, Seperti Ini Surat Lamaran yang SempurnaFoto: Harvard


1. Ajukan Kepada Seseorang
Tips membuat surat lamaran yang pertama adalah untuk mengajukan dokumen tersebut kepada seseorang. Yang dimaksudkan adalah untuk menulis dengan spesifik kepada siapa surat tersebut diajukan di bagian atas setelah tanggal, apakah itu manajer atau HRD. Jika bisa tulis nama, jabatan mereka, hingga alamat kantor.

2. Tujuan Surat
Dikatakan Linda bahwa surat lamaran seharusnya menyampaikan tujuan dengan jelas. Tak perlu kalimat pembuka atau kalimat-kalimat yang ekstravagan untuk menarik perhatian perusahaan. Usahakan untuk membuat surat yang simpel dan 'to the point'. Ungkapkan apa alasan Anda menulis surat, posisi yang diinginkan, bagaimana menemukan penawaran kerja tersebut, dan kontribusi yang bisa dilakukan.

3. Jangan Terlalu Detail
Usahakan untuk membuat surat yang simpel sehingga hindari memasukkan hal-hal terlalu detail dan tidak diperlukan. "Jika kamu punya pengalaman sekolah atau kerja yang terkait, pastikan untuk menonjolkannya dengan satu atau dua contoh utama. Tekankan bakat atau kemampuan yang terkait dengan pekerjaan. Pastikan untuk menulisnya dengan percaya diri dan ingat bahwa pembaca juga bisa melihat suratmu sebagai contoh kemampuan menulismu," tutur Linda kepada CNBC.

4. Jangan Terlalu Banyak 'Saya'
Disarankan untuk tidak menggunakan terlalu banyak kata 'saya' karena bisa menunjukkan bahwa Anda adalah orang yang egosi. Linda juga mengajurkan agar Anda tidak terlalu membahas mengenai diri sendiri namun lebih fokus kepada pada yang bisa diberikan kepada perusahaan.


5. Sampaikan Antusiasme dan Terima Kasih
Di akhir surat, coba sampaikan antusiasme Anda untuk bekerja di perusahaan tersebut. Kemudian jangan lupa berterima kasih kepada pembaca, sampaikan bahwa Anda ingin mendengar kabar baik, lalu bubuhkan tanda tangan di bagian bawah.

6. Format Konsisten
Pastikan jika surat lamaran punya bentuk dan ukuran tulisan yang sama dan bisa dimuat dalam satu halaman. Jika akan memformatnya dalam bentuk pdf, pastikan dokumen itu juga rapi dan bisa diterima dengan baik.


Simak Video "Bak Putri Duyung, Model Tiongkok Ini Bernyanyi di Bawah Air"
[Gambas:Video 20detik]
(sra/ami)