Wanita Hidup dengan Uang Rp 26 Ribu Sehari agar Bisa Pensiun di Usia 34

Hestianingsih - wolipop Jumat, 09 Agu 2019 15:50 WIB
Saki Tamogami hidup hemat dengan biaya Rp 26 ribu sehari. Foto: Dok. Mashable Saki Tamogami hidup hemat dengan biaya Rp 26 ribu sehari. Foto: Dok. Mashable

Jakarta - Seorang wanita di Jepang pensiun dini di usia 34 tahun. Bukan karena dipensiunkan kantor atau dipecat, tapi dia sudah memiliki kestabilan finansial, sehingga punya cukup harta untuk menghidupi diri sendiri sampai tua.

Wanita yang diketahui bernama Saki Tamogami ini memang sehari-harinya hidup sederhana dan selalu berhemat. Selama 16 tahun, dia hanya menghabiskan uang 200 yen atau sekitar Rp 26 ribu per hari. Kebiasaan itu membuat dia bisa menabung dan mempunyai dana cukup untuk pensiun di usia muda.

Bagaimana bisa Saki hidup dengan uang makan Rp 26 ribuan per hari? Seperti diberitakan Mashable, dia tidak pernah membeli baju sejak usianya 18 tahun. Baju-baju yang dipakai sehari-harinya merupakan lungsuran atau pemberian orang.

Sementara untuk makan dia biasanya memasak udon dengan sayuran, yang hanya memakan biaya 25 yen atau sekitar Rp 3.300.


"Selagi bisa mengisi perut, apa yang aku makan tidak terlalu berbeda," katanya.

Pada usia 29 tahun dia bahkan memotong rambutnya sendiri dan menjualnya untuk mendapatkan uang tambahan sebesar Rp 416 ribu.

Berkat gaya hidup serba irit, Saki bisa menumpuk pundi-pundi uang yang digunakannya untyk membeli tiga rumah, seharga total 55 juta yen atau sekitar Rp 7,3 miliar. Dia juga mendirikan kafe khusus pencinta kucing.

Rumah-rumah tersebut dibeli untuk kemudian disewakan. Dari sewa rumah, Saki bisa mendapatkan penghasilan 300 ribu yen (Rp 40 jutaan) per bulan, sehingga ia merasa tak perlu lagi bekerja setiap hari.


Saki memang punya impian bisa pensiun sebelum usianya menginjak 35 tahun. Berkat tekad kuat untuk berhemat ia pun berhasil mewujudkannya.

"Simpan tenaga dan uangmu untuk sesuatu yang kamu suka; hanya dengan begitu, baru dikatakan kamu bisa bertanggungjawab terhadap dirimu sendiri," tuturnya.

Pensiun dini juga jadi pilihan hidup seorang pria di Edinburgh, Skotlandia. Brandon memutuskan pensiun di usia 34 tahun setelah merasa dia telah mencapai sebuah 'kebebasan finansial'.
Wanita Hidup dengan Uang Rp 26 Ribu Sehari agar Bisa Pensiun di Usia 34Brandon 'Mad Fientist'. Foto: Dok. Brandon

Brandon berhenti dari pekerjaannya sebagai pengembang software, untuk menghabiskan waktu dengan bepergian bersama teman-teman serta keluarga, dan menjalani hobinya. Kebebasan finansial didapat Brandon karena kemampuannya mengontrol gaya hidup.


Pria yang dikenal dengan nama Mad Fientist di siaran Podcast memutuskan berhemat setelah dia mewawancarai sejumlah pakar keuangan. Dia membuat spreadsheet atau pengolah angka dan akivitasnya berpaku pada data yang selalu dia update per bulan.

Hidup hemat dan tinggal di pedesaan, Brandon berhasil menabung dan menginvestasikan 70 persen (setelah pajak) penghasilannya. Hingga pada 2014 dia keluar dari pekerjaannya dan pindah ke Skotlandia agar bisa lebih dekat dengan keluarganya. Lalu pada 2016, dia resmi pensiun di usia 34 tahun.

Meskipun pensiun, Brandon mengaku tidak pernah berhenti bekerja. Namun pekerjaan yang dia lakukan adalah sesuatu yang disukainya, alias hobi.

"Aku tidak pernah mau berhenti kerja tapi aku lebih ingin punya waktu dan kebebasan dalam melakukan hal-hal yang aku anggap penting," ujar Brandon seperti dikutip dari Business Insider.

Simak Video "Selamat! Dian Pelangi Resmi Menikah dengan Sandy Nasution"
[Gambas:Video 20detik]
(hst/hst)