Heboh Tolak Gaji Rp 8 Juta, Netizen Indonesia Ungkap Gaji Pertama Mereka

Anggi Mayasari - wolipop Jumat, 02 Agu 2019 16:32 WIB
Foto: Thinkstock Foto: Thinkstock

Jakarta - Fresh graduate yang mengeluhkan penawaran gaji Rp 8 juta jadi perbincangan dan viral belum lama ini. Lulusan baru Universitas Indonesia yang menolak tawaran gaji sebesar Rp 8 juta itu menghebohkan netizen karena dianggap terlalu sombong. Lalu, berapa kisaran gaji pertama yang diterima netizen di Indonesia?

Sebuah perusahaan analisa dan monitoring media, Isentia Indonesia mengungkapkan ada 8.871 perbincangan media sosial terkait viral unggahan gaji fresh graduate Rp 8 juta. Banyak netizen berkomentar dengan memberi tahu gaji pertama mereka, namun tak sedikit juga yang mengkritik dan menganggap postingan tersebut terlalu sombong.



Menurut rilisnya, terdapat 11.6% setuju bahwa lulusan universitas bergengsi tersebut bisa mendapatkan gaji yang lebih dari Rp 8 juta, dan 12.2% mengutarakan ketidak-sukaan karena dianggap angkuh. Rupanya, paling banyak netizen yakni 76,2% menanggapi dengan saling menyebutkan angka gaji pertama yang diterima mereka.

Berdasarkan data social listening yang dianalisis oleh Isentia, sebagian besar netizen yakni 52,1% ternyata mendapatkan gaji pertama mereka antara Rp 1-3 juta. Bahkan, ada sebanyak 44,5% netizen mendapat gaji pertama mereka di bawah Rp 1 juta.



Sementara itu 2,7% dari total netizen yang menyebutkan angka gaji pertama mereka menerima Rp 3-5 juta. Dan hanya 0,7% saja netizen yang mendapatkan gaji pertama lebih dari Rp 5 juta.

"Dari hasil data ini kita bisa menyimpulkan bahwa ternyata gaji 8 juta untuk ukuran fresh graduate itu tergolong wow sekali," terang Rendy Ezra, Insights Manager dari Isentia.

Simak Video "Heboh Pria Magelang Nikahi Bule Cantik Asal Inggris!"
[Gambas:Video 20detik]
(agm/eny)