Heboh Gaji 8 Juta, 10 Profesi untuk Fresh Graduate dengan Gaji Tinggi

Rahmi Anjani - wolipop Jumat, 26 Jul 2019 14:40 WIB
Foto: iStock Foto: iStock

Jakarta - Semua orang tentu mengidamkan gaji yang tinggi, tak kecuali untuk para fresh graduate meski penghasilan besar biasanya didapat seiring dengan pengalaman dan jam terbang. Sebenarnya bukan tidak mungkin seorang pemula yang baru lulus dari universitas langsung menerima gaji tinggi. Sejumlah profesi 'kekinian' yang butuh kemampuan khusus pun bisa mendatangkan gaji mencapai atau lebih dari Rp 8 juta.

Sebuah riset dilakukan Glassdoor terkait pekerjaan yang mendatangkan banyak penghasilan. Pada profesi-profesi itu, gaji tinggi bahkan bisa langsung didapatkan mereka yang baru lulus kuliah. Berdasarkan studi, data scientist menempati urutan pertama sebagai pekerjaan bergaji tinggi untuk fresh graduate. Dikatakan jika mereka bisa menerima gaji lebih dari pada analis investasi banking muda di Wall Street.

Menurut Amanda Stansell selaku senior analis riset Glassdoor, belakangan permintaan akan orang-orang yang punya kemampuan data-science memang meningkat. Data-scientist pun dibutuhkan dalam berbagai industri, mulai dari e-commerce hingga perusahaan modal ventrura. Data scientist sendiri umumnya bertanggung jawab dalam mengumpulkan, mengolah, dan menganalisa data untuk menghasilkan informasi sebagai bahan pengambilan keputusan perusahaan.

Berdasarkan riset Glassdoor, rata-rata gaji fresh graduate Amerika Serikat yang $95 ribu atau sekitar Rp 1,3 miliaran per tahun. Di Indonesia sendiri, dilaporkan jika pemula kerja di profesi ini bisa menerima Rp 12-15 juta per bulan. Sedangkan mereka yang sudah punya pengalaman bisa mendapat Rp 20 juta.

Selain data scientist, berikut 10 besar profesi dengan gaji tertinggi untuk fresh graduate:

1. Data Scientist
2. Software Engineer
3. Product Manager
4. Investment Banking Analyst
5. Product Designer
6. UX Designer
7. Implementation Consultant
8. Java Developer
9. Systems Engineer
10. Software Developer

Seperti terlihat dalam daftar, kebanyakan profesi yang memberi gaji tinggi untuk fresh graduate berasal dari bidang IT. Perkembangan dunia teknologi informasi memang sangat pesat belakangan. Menurut S&P 500 LinkUp Jobs Index, pembukaan lowongan kerja di sektor tersebut sedang naik 4% dalam setahun belakangan. Sedangkan industri keuangan yang dulu paling diminati turun 10%.

Simak Video "Bim Salabim! Spanduk Bekas Berubah Jadi Tas Kece"
[Gambas:Video 20detik]
(ami/ami)