7 Profesi Ini Cocok Buat Wanita yang Ingin Jadi Bos untuk Diri Sendiri

Rahmi Anjani - wolipop Sabtu, 20 Jul 2019 10:00 WIB
Foto: Thinkstock Foto: Thinkstock

Jakarta -

Bekerja dalam sebuah perusahaan kadang memang kadang tidak menyenangkan. Selain banyak tuntutan, pegawai biasanya harus patuh pada aturan. Beberapa orang juga merasa kurang bebas mengembangkan ide hingga mengatur jadwal liburan. Belum lagi kalau dapat bos yang juga mengesalkan.
Menurut studi yang dilakukan ONS, wanita berwirausaha sedang tren dan jumlahnya meningkat, sebanyak 57% dalam 10 tahun terakhir. Jika Anda juga ingin melakukannya, berikut tujuh profesi yang bisa dipertimbangkan, dilansir Cosmopolitan.

Graphic Designer
Anda yang merasa punya banyak kreativitas sepertinya tak butuh bos dan perusahaan untuk mendapat penghasilan. Apalagi jika sudah punya pengalaman dan reputasi baik. Untuk jadi graphic designer tak terikat dibutuhkan kemampuan dan kemauan untuk pitching serta membina hubungan. Meski kadang waktu kerjanya tidak bisa diprediksi, graphic designer adalah salah satu profesi, dengan tingkat kepuasan tertinggi dan penghasilannya tak sedikit.

Tutor
Punya keahlian khusus dan suka mengajarkan orang lain? Anda mungkin bisa jadi tutor atau guru les privat. Tak seperti dalam beberapa perusahaan, kemampuan Anda pun akan benar-benar menjadi penentu. Umumnya semakin banyak ilmu, pengalaman, atau sertifikat yang dimiliki, semakin banyak pula bayaran yang dapat diterima. Apalagi Anda cukup bebas mengatur jadwal kerja sendiri.

Makeup Artist
Makeup bukan hal yang asing bagi wanita. Jika Anda punya kelebihan dalam mendandani orang, hal tersebut bisa dijadikan pekerjaan. Biasanya makeup artist pun tak bekerja setiap hari atau bisa menentukan jadwal sendiri. Meski dapat meraup keuntungan, salah satu hal kurang menyenangkan dari profesi ini adalah harus rela kehilangan akhir pekan karena biasanya banyak tawaran di saat itu.

Software Developer
Dalam dunia freelance dikatakan jika software develepor tengah menjadi primadona. Untuk bisa bekerja sebagai developer, Anda tentu harus mengerti coding dan bahasa pemrograman. Biasanya profesi ini dituntut untuk bisa menemukan masalah, mencari solusi, menyelesaikan masalah, hingga menguji solusi pemrogramannya. Dilaporkan jika banyak industri yang membutuhkan jasa ini sehingga cukup potensial.

Pelatih Olahraga
Kecintaan akan olahraga tak hanya bisa membuat tubuh sehat dan terbentuk menawan. Anda yang jago nge-gym atau jenis latihan lain dapat menjadi pelatih olahraga pribadi. Tapi untuk menjalani profesi ini, Anda butuh kemampuan memotivasi dan teknik marketing diri yang baik. Bersiap pula untuk bekerja saat pagi dan malam hari.

Fotografer
Menjadi fotografer memang terlihat menyenangkan, apalagi bisa bertemu banyak orang dan sering bepergian. Tapi pekerjaan ini juga menuntut waktu kerja yang tidak menentu. Apalagi sebelum punya nama dan membangun reputasi, bisa jadi Anda tak mendapatkan terlalu banyak pekerjaan. Namun, hal tersebut tentu bisa dibangun dengan pengalaman dan pekerjaan sampingan seperti mengajar fotografi.

Konsultan Media Sosial
Anda yang pintar bermedia sosial apalagi sudah punya reputasi baik dalam dunia maya mungkin dapat menjadi seorang konsultan. Dalam era digital di mana branding sangat diperlukan, kemampuan Anda bisa diandalkan. Anda dapat menjadi admin Instagram brand atau bekerja sama dengan perusahaan untuk sebuah iklan.


Simak Video "Cara Melatih Anak Berwirausaha dari Dini"
[Gambas:Video 20detik]
(ami/ami)