Cerita Remaja 18 Tahun yang Akan Mendarat di Mars Pertama Kalinya

Rahmi Anjani - wolipop Rabu, 17 Jul 2019 13:07 WIB
Foto: Alyssa Carson: gadis calon orang pertama di mars nasa Foto: Alyssa Carson: gadis calon orang pertama di mars nasa

Jakarta - Alyssa Carson baru berusia tiga tahun ketika mengatakan pada sang ayah ia ingin jadi astronot. Wanita yang kini berusia 18 tahun tersebut pun hampir mewujudkan impiannya. Tak hanya sedang dilatih untuk menjadi astronot, wanita asal Amerika itu juga direncanakan akan menjadi orang pertama yang mendarat di Mars pada 2030.

Di usianya yang masih sangat muda, Alyssa sudah terkualifikasi oleh tujuh 'scape camp' dan menjadi orang pertama yang menghadiri semua space camp NASA. Alyssa pun telah memulai perjalanannya sejak kecil. Di usia 12, ia menjadi orang pertama yang menyelesaikan program NASA Passport bahkan dilatih di 14 situs NASA di sembilan negara bagian.

Cerita Remaja 18 Tahun yang Akan Mendarat di Mars Pertama KalinyaFoto: Alyssa Carson
Pergi ke luar angkasa tentu bukan sesuatu yang biasa. Selain butuh banyak latihan, misi tersebut juga bisa membahayakan nyawa. Alyssa pun mengaku tidak terlalu takut. "Aku tidak bilang aku takut. Selalu ada risiko untuk sebuah misi, apakah itu sesuatu yang muncul sekarang atau kita tunggu 50 tahun lagi agar teknologi berkembang lebih jauh.

"Itu adalah bagian dari misi yang harus diterima, kamu pasti berharap misi berjalan dengan lancar, kamu harus percaya dengan orang-orang yang telah membantu, tapi tidak ada garansi bahwa sebuah misi luar angkasa atau ke Mars akan tidak berisiko. Banyak risiko muncul nanti karena perjalanan ke luar angkasa yang aku pelajari selama ini tidak menakutkan," ungkapnya.

Tak hanya membahanyakan nyawa, Alyssa juga harus melakukan sejumlah pengorbanan, termasuk meninggalkan keluarga. Untuk hal ini tampaknya Alyssa juga tak terlalu keberatan. "Aku rasa banyak orang sudah melakukannya di bumi. Orang-orang yang ada di militer akan meninggalkan keluarga mereka berbulan-bulan, pergi dan bertugas, atau orang yang bekerja di luar negeri.

Cerita Remaja 18 Tahun yang Akan Mendarat di Mars Pertama KalinyaFoto: Alyssa Carson
"Tapi karena kita membicarakan misi ke Mars, itu sesuatu yang kita belum pernah dilakukan sebelumnya jadi itu terdengar super ekstrem dan gila. Tapi aku benar-benar berpikir manusia sudah bergelut dengan itu dan aku tidaklah berbeda," tuturnya.

Bahkan jika Alyssa membayangkan dirinya terluka, hal itu tidak menakutkan bahkan ia sudah siap mencabut beberapa organ yang bisa membahayakan. "Jika sesuatu terjadi dalam misiku ke Mars, misalnya usus buntumu pecah, itu tidak bagus, tapi kamu jika tidak punya (usus buntu) sejak awal kamu akan menghindari masalah. Pikiran operasi tidak menakutkan bagiku. Sekarang aku sering bermasalah dengan tenggorokan, amandelku mungkin memang harus diambil," katanya.

Cerita Remaja 18 Tahun yang Akan Mendarat di Mars Pertama KalinyaFoto: Alyssa Carson
Berlatih menjadi astronot di usia sangat muda, Alyssa pun mengaku pernah bertemu orang-orang yang merendahkan pengetahuannya. Tentu hal tersebut tentu tidak menghalanginya untuk meraih cita-cita.

"Misi ke Mars adalah tujuan utamaku, bagian besar dari hidupku sekarang adalah berbicara dan menginspirasi kepada anak-anak dan melakukan sebanyak yang aku bisa agar publik lebih sadar dengan misi ke Mars ini," ujar remaja yang kini sedang belajar astrologi tersebut.

Simak Video "Selamat! Dian Pelangi Resmi Menikah dengan Sandy Nasution"
[Gambas:Video 20detik]
(ami/ami)