Cuma 2 Menit, Pakar Ungkap Cara Mudah untuk Lebih Hemat Uang

Rahmi Anjani - wolipop Rabu, 17 Jul 2019 07:46 WIB
Foto: Shutterstock Foto: Shutterstock

Jakarta - Boros menjadi masalah keuangan klasik yang sulit diatasi. Meski sudah membaca dan menerapkan berbagai trik finansial, banyak orang tetap kesusahan untuk hidup lebih hemat.

Salah satu kebiasaan buruk yang tak juga 'sembuh' biasanya adalah membeli barang tak penting atau yang terlalu mahal. Untuk mengatasinya, Anda bisa menerapkan cara berikut yang hanya butuh dua menit.

Sebuah cara unik menghemat uang diungkap Dominic Aarsen yang merupakan founder 'Make The Most of Your Money'. Dominic mengatakan sebelum membeli Anda perlu meluang waktu untuk sejenak berpikir.


Pakar keuangan asal Australia tersebut menyarankan agar Anda menunggu dua menit sebelum memutuskan untuk bertransaksi. Dikatakan jika hal ini bisa membantu untuk benar-benar menentukan apakah barang itu patut dibeli atau tidak.

Dominic mengatakan jika trik psikologis ini bisa diterapkan di berbagai situasi belanja. Anda pun dapat menggunakan cara tersebut setelah selesai mengambli barang-barang kebutuhan esensial dan sedang mempertimbangkan apakah harus membeli produk lain yang dinilai kurang penting. Dikatakan jika cara ini bisa menghemat kurang lebih $100 atau sekitar Rp 140 ribuan.


"Tidak peduli apa yang kamu beli, pegang di tanganmu, atur penghitung waktu di ponselmu dan tunggu dua menit," ungkap Dominic kepada News Australia.

Guru finansial ini pun punya cara lain yang bisa menyelamatkan uang Anda. Yakni dengan membatasi jajan. Menurutnya, hanya minum kopi atau makan 'takeaway' lain menjadi hanya dua hingga tiga kali seminggu akan sangat membantu lebih hemat.

Simak Video "Tulang-tulang Hewan Ini Disulap Jadi Jam Tangan Kece"
[Gambas:Video 20detik]
(ami/hst)