5 Staf Ratu Elizabeth II dengan Pekerjaan Tak Biasa

Hestianingsih - wolipop Kamis, 23 Mei 2019 17:31 WIB
Foto: Getty Images Foto: Getty Images

Jakarta - Sebagai Ratu Inggris, sudah sepatutnya Ratu Elizabeth II diperlakukan dengan istimewa. Vanity Fair menyebut kalau wanita 93 tahun ini memiliki sekitar 1.200 orang yang bekerja hanya untuknya.

Beberapa pekerjaan terasa wajar, namun ada pula staf yang tugasnya untuk Sang Ratu bisa membuatmu mengernyitkan dahi. Ini pekerjaan aneh para staf yang bekerja untuk Ratu Elizabeth II.

1. Shoe Breaker

Foto: Getty Images

Ratu Elizabeth II mempunyai pelayan khusus untuk memakai sepatu terlebih dahulu sebelum dikenakan sendiri olehnya. Tujuannya untuk memastikan bahwa sepatu yang akan dikenakan Ratu benar-benar nyaman saat ia kenakan ke berbagai acara. Sebab, sering kali Ratu harus berdiri berjam-jam dan jika sepatunya terasa tak nyaman, dia tidak diperkenankan mengeluh atau mengganti alas kaki.


2. Sersan Pengerek Bendera
Foto: REUTERS/Phil Noble

Sejak 1997, tugas Sersan Bendera adalah menaikkan dan menurunkan Bendera Britania Raya (Union Flag) ketika Sang Ratu sedang tidak berada di kediamannya. Namun aturan ini berubah saat Putri Diana meninggal, karena publik protes Istana tidak mengibarkan bendera setengah tiang.

Sejak saat itu, Union Flag akan dikibarkan setiap kali Ratu ELizabeth II tidak di rumah, dan dikibarkan setengah tiang jika ada anggota kerajaan yang meninggal atau saat negara berduka cita. Misalnya duka cita pasca serangan teror di Inggris.

3. Pemotong Daging Panggang
Foto: Istimewa

Ratu ELizabeth II tidak mungkin memotong daging panggangnya sendiri saat perjamuan khusus. Maka dari itu, ada staf yang disebut Grand Carver, yang tugasnya memotongkan daging panggang untuk dimakan Ratu. Memegang posisi sebagai Grand Carver merupakan sebuah kebanggaan dan diturunkan dari generasi ke generasi oleh satu keluarga.

4. Penjaga Perangko
Foto: Istimewa

Ratu Elizabeth II sebenarnya tidak terlalu suka mengoleksi perangko. Namun ia diwariskan koleksi perangko yang jumlahnya sangat banyak oleh ayahnya, George V. Untuk memelihara koleksi perangko istana, ditugaskan seorang staf bernama Michael Sefi. Sejak 2003, ia bertugas menjaga perangko dan berkeliling dunia untuk menambah koleksinya.


5. Sensus Angsa
Foto: Istimewa

Ada ratusan angsa yang berada di sepanjang Thames River, London. Ratu ELizabeth pun mempekerjakan dua orang sebagai Warden of the Swans dan Marker of the Swans yang kini dipegang Professor Christopher Perrins dan David Barber.

Tugas utama mereka adalah melakukan sensus secara berkala pada angsa-angsa yang ada di Sungai Thames. Mereka bertugas menghitung dan memeriksa kesehatan para angsa. (hst/hst)