7 Mata Kuliah Aneh dan Kurang Penting Ini Ternyata Benar-bener Ada

Rahmi Anjani - wolipop Selasa, 21 Mei 2019 19:33 WIB
Foto: iStock Foto: iStock

Jakarta - Mata kuliah yang diajarkan di universitas diharapkan seharusnya menjadi bekal para mahasiswa di dunia kerja atau paling tidak keseharian. Tapi terkadang tak semua pelajaran dalam kelas benar-benar terpakai untuk para siswa di masa depan. Tujuh mata kuliah berikut sepertinya adalah beberapa di antaranya. Terdengar kurang penting, mata kuliah aneh ini pun ternyata benar-benar ada.

1. Cara Selamat dari Zombie

7 Mata Kuliah Aneh dan Kurang Penting Ini Ternyata Benar-bener AdaFoto: REUTERS/Pilar Olivares
Surviving the Coming Zombie Apocalypse: Disasters, Catastrophes, and Human Behavior ditawarkan Michigan State University. Mata kuliah tersebut mengajarkan cara bagaimana merencanakan dan mengatur pelarian diri saat diserang para zombie. Melihat dari film-film zombie, strategi menyelamatkan diri dari zombie memang tampak dibutuhkan meski tak tahu kapan akan digunakan.

2. Sains Harry Potter
7 Mata Kuliah Aneh dan Kurang Penting Ini Ternyata Benar-bener AdaFoto: BBC Magazine
Harry Potter memang menjadi salah satu franchise film paling terkenal dan membuat banyak penggemar terobsesi. Sebuah kelas di Frostburg State University pun mempelajarinya secara khusus. Di mata kuliah tersebut, mahasiswa bahkan membahas eksplorasi ilmu sihir yang ada di sepanjang film.

3. Studi Lady Gaga
7 Mata Kuliah Aneh dan Kurang Penting Ini Ternyata Benar-bener AdaFoto: Getty Images
Bukan rahasia lagi jika Lady Gaga adalah salah satu diva dan musisi hebat dalam industri musik. Ia bahkan dijadikan sebuah mata kuliah di University of Virginia Graduate Arts & Sciences. Dalam kelas GaGa for Gaga: Sex, Gender, and Identity membahas mengenai analisa bagaimana ia mendorong batasan sosial dalam berkarier.

4. Selfie
7 Mata Kuliah Aneh dan Kurang Penting Ini Ternyata Benar-bener AdaFoto: thinkstock
Selfie tampak bukan sesuatu yang perlu dipelajari di bangku kuliah. Tapi mata kuliah aneh ini ditawarkan Duke University. Kelas tersebut fokus pada sejarah foto dan ide-ide modern dalam kehidupan keseharian.

5. Menghabiskan Waktu di Internet
7 Mata Kuliah Aneh dan Kurang Penting Ini Ternyata Benar-bener AdaFoto: Thinkstock
Mata kuliah aneh berikutnya menjadi hobi banyak orang sehingga heran mengapa harus sampai dijadikan pelajaran. Namun kelas itu benar-benar ditawarkan di The University of Pennsylvania. Mungkin saja orang yang menciptakannya hanya ingin punya alasan untuk main internet selama kelas.

6. Seni Berjalan
7 Mata Kuliah Aneh dan Kurang Penting Ini Ternyata Benar-bener AdaFoto: thinkstock
Seni berjalan mungkin sudah dipelajari para mahasiswa sejak berusia kurang dari satu tahun. Namun The Art of Walking: The German Novella yang ditawarkan Centre College sepertinya ingin mengingatkan kembali bagaimana cara berjalan yang benar ketika dewasa. Mata kuliah ini dikatakan mengeksplorasi budaya jalan-jalan orang Jerman melalui literatur dan mendaki.

7. Bagaimana Menonton Televisi
7 Mata Kuliah Aneh dan Kurang Penting Ini Ternyata Benar-bener AdaFoto: thinkstock
Saat sudah memasuki usia kuliah biasanya orang sudah mulai bosan menonton televisi. Namun Montclair State malah menawarkannya dalam kelas. Mata kuliah aneh ini pun mengajak para mahasiswa untuk mengerti dan menganalisa acara televisi untuk mengevaluasi peran dan dampaknya dalam kehidupan.
(ami/ami)