Meski Kaya Raya, Bill Gates dan Istri Masih Cuci Piring Bersama Setiap Malam

Rahmi Anjani - wolipop Selasa, 30 Apr 2019 05:36 WIB
Foto: Scott Olson/Getty Images Foto: Scott Olson/Getty Images

Jakarta - Meski kini tak lagi menduduki posisi pertama, Bill Gates tetap dikenal sebagai pria terkaya di dunia. Sebagai orang yang memiliki harta berlimpah, pendiri Microsoft tersebut dikenal sebagai sosok rendah hati dan suka berbagi. Bill Gates dan istrinya, Melinda, pun diketahui punya kehidupan yang tidak foya-foya bahkan tak ingin memberi warisan kepada anak-anaknya. Keduanya bahkan masih cuci piring bersama tiap malam.

Rahasia kesuksesan Bill Gates selalu menarik untuk diketahui. Tak hanya terkait dengan karier namun juga rumah tangga. Salah satu tips pernikahan langgeng dari pendiri badan amal terbesar dunia, Bill and Melinda Gates Foundation, tersebut tidaklah sulit tapi tak semua pasangan menikah bisa melakukannya. Yakni memastikan jika peran suami istri tetap seimbang.



Hal tersebut diungkapkan Melinda Gates dalam sebuah wawancara. Saat membahas bukunya mengenai bagaimana wanita bisa mengubah dunia, wanita 54 tahun itu juga berbagi mengenai kehidupan rumah tangganya. Sudah menikah selama 25 tahun, terungkap jika keduanya masih memegang hal-hal kecil yang ternyata penting untuk kualitas hubungan.

Meski sibuk, dikatakan jika keduanya masih menyediakan waktu untuk malam malam bersama dan mencuci piring serta pekerjaan rumah tangga lain setiap malam. Mencuci piring mungkin terdengar sepele tapi hal tersebut menjadi kunci keseimbangan gender dalam keluarga Gates.
Menurutnya secara tidak langsung, berbagi pekerjaan rumah tangga bisa meningkatkan ekonomi. Umum diketahui jika mencuci piring dan pekerjaan rumah tangga lain lebih sering dibebankan kepada wanita dari pada pria.

Bill Gates dan MelindaBill Gates dan Melinda Foto: Istimewa


Melinda menjelaskan jika wanita rata-rata menghabiskan tujuh tahun melakukan pekerjaan rumah tangga dari pada pria. Dan jika wanita bisa menurunkan tugas tak dibayar tersebut paling tidak menjadi lima jam per minggu, produktivitas bekerja bisa naik sebanyak 20%.



Selain itu, menurutnya berbagi pekerjaan rumah juga bisa membuat hubungan lebih kuat. Melinda menyadari hal tersebut ketika ia tengah hamil anak pertama. Saat itu, ibu tiga anak tersebut merasa kesepian dalam pernikahan karena Bill selalu bekerja. Namun setelah berdiskusi, pasangan tersebut belajar untuk menjadi lebih seimbang dalam rumah tangga yang menjadi solusi.

"Suatu malam aku sadar aku masih di dapur setelah 10 sampai 15 menit setelah orang-orang melakukan hal terakhirnya. Kadang-kadang di momen itu frustrasi atau kemarahanku keluar. Jadi suatu hari kami berdiri setelah makan lama dan orang-orang dalam keluarga mulai berpencar, seperti mereka naik ke lantai atas. Jadi tangan di pinggang, aku berkata, 'Tidak ada yang meninggalkan dapur sampai aku meninggalkan dapur!," katanya.

Sejak saat itu, semua orang dalam keluarga Gates pun mulai membantu pekerjaan rumah tangga yang hingga kini jadi tradisi keluarga. Bahkan malam sebelum wawancara, Melinda mengaku jika ia dan Bill berbagi tugas cuci piring setelah makan malam.
(ami/agm)