Mantra Sederhana Agar Kamu Bisa Belajar Mencintai Diri Sendiri

Daniel Ngantung - wolipop Kamis, 28 Mar 2019 12:31 WIB
Foto: Daniel Ngantung/Wolipop Foto: Daniel Ngantung/Wolipop

Jakarta - Setiap perempuan terlahir dengan keunikan dan kecantikannya masing-masing. Namun sayang, masih banyak perempuan yang masih sulit mencintai diri sendiri karena minder sehingga menghalangi mereka untuk mengembangkan potensi diri. Jika kamu salah satunya, ada cara sederhana untuk menumbuhkan rasa self-loving itu.

Faktanya, sekitar 70 persen perempuan Indonesia merasa kurang percaya diri untuk menyebut dirinya cantik. Setidaknya demikian hasil survei merek kosmetik Sariayu Martha Tilaar terhadap konsumennya.


Mantra Sederhana Agar Kamu Bisa Belajar Mencintai Diri Sendiri(Foto: Thinkstock)
Rasa itu bisa muncul manakala ada penilaian orang lain terhadap kondisi fisik perempuan yang dianggap tidak sesuai dengan 'standar' kecantikan. Apalagi di era media sosial seperti sekarang ini yang memungkinkan orang-orang untuk berkomentar sebebas-bebasnya.

"Padahal cantik itu tidak harus dilihat dari fisik semata. Beauty is not just in body, but mind also. Bagaimana kita memperlakukan orang lain juga akan menunjukkan kecantikan kita. Misal, memberi senyum kepada orang di sekitar kita," ujar Vice Chairwoman Martha Tilaar Group Wulan Tilaar di acara peluncuran kampanye #FearlessBeauty, Rabu (27/3/2019).

Dalam kesempatan tersebut, Citra Natasya selaku pendiri HOPE (House of Perempuan) tak memungkiri bahwa keraguan terhadap diri sendiri adalah problema klasik yang masih menghantui banyak perempuan Indonesia. Itu mengapa pula ia mendirikan HOPE sebagai wadah untuk memotivasi dan memberdayakan para perempuan sesuai talentanya.

Mantra Sederhana Agar Kamu Bisa Belajar Mencintai Diri SendiriFoto: Thinkstock
Bagi para perempuan yang masih merasa 'insecure' terhadap dirinya, ia pun cara sederhana untuk menangkalnya. "Posting foto wajah kamu yang baru bangun tidur, ala-ala 'I woke up like this' di media sosial. Dan jangan lupa, no filter ya," ujar Citra.

Sementara itu, Inez Kristanti, seorang psikolog klinis dewasa yang juga hadir di acara yang sama, punya cara tersendiri. "Ada mantra sederhananya. Lihat ke cermin, lalu sebutkan tiga hal yang kamu sangat syukuri hari ini. Yang terpenting adalah kita harus bersyukur punya kemampuan dan kapasitas untuk berbuat lebih," jelas Inez.
(dtg/dtg)
CNN ID
×
Layar Demokrasi
Layar Demokrasi Selengkapnya