Ini Silvia Halim, Perempuan Tangguh di Balik Sukses MRT Jakarta

Daniel Ngantung - wolipop Selasa, 26 Mar 2019 15:16 WIB
Direktur Konstruksi PT MRT Jakarta Silvia Halim (Foto: Sylke Febrina Laucereno) Direktur Konstruksi PT MRT Jakarta Silvia Halim (Foto: Sylke Febrina Laucereno)

Jakarta - Impian warga Jakarta untuk memiliki transportasi publik berbasis moda raya terpadu atau MRT akhirnya menjadi kenyataan. MRT Jakarta mungkin tak akan terwujud tanpa campur tangan seorang perempuan bernama Silvia Halim.

Di mega proyek tersebut, Silvia Halim memegang jabatan sebagai Direktur Konstruksi PT MRT Jakarta. Dengan posisi tersebut, Silvia memiliki andil yang cukup besar karena bertanggung jawab untuk mengeksekusi, mengontrol sekaligus mengelola proyek MRT.


Ini Silvia Halim, Perempuan di Balik Kesuksesan MRT JakartaDirektur Konstruksi PT MRT Jakarta Silvia Halim (Foto: Seysha Desnikia/detikcom)

MRT Jakarta yang diresmikan Presiden Joko Widodo baru-baru ini barulah fase I (Lebak Bulus - Bundaran HI). Proyek ini akan berlanjut lagi dengan fase II yang jalurnya membentang dari Bundaran HI sampai kawasan Kota di barat Jakarta. Silvia Halim pun dipercayakan untuk terlibat kembali dalam perancangan, konsultasi desain pembangunan hingga koordinasi dengan pemilik lahan untuk fase II ini.

Berurusan dengan dunia konstruksi seolah sudah menjadi panggilan hidup perempuan kelahiran Jakarta, 18 Juni 1982, ini. Berdasarkan informasi di situs MRT Jakarta, Silvia Halim adalah lulusan Teknik Sipil di Nanyang Technologycal University, Singapura. Biasanya, jurusan teknik didominasi kaum pria.

Selepas menamatkan studinya, ia memilih berkarier di Singapura dan terlibat dalam proyek pembangunan infrastruktur di sana selama hampir 12 tahun.



Ini Silvia Halim, Perempuan di Balik Kesuksesan MRT JakartaSilvia Halim (Foto: Dok. Pantene)
Setelah lama mengabdi di negeri orang, Silvia Halim terpanggil untuk kembali ke Indonesia saat mendengar proyek MRT Jakarta mulai berjalan. Kabarnya, mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok yang berhasil membujuk Silvia agar mau terlibat dalam proyek bernilai puluhan triliun rupiah itu.

Berkecimpung di sebuah bidang yang 'dikuasai' kaum pria, Silvia Halim pun kerap dipandang sebelah mata. Namun, ia berhasil menampiknya dengan dedikasi dan kerja keras. Kehadiran MRT Jakarta pun menjadi pembuktian Silvia Halim.

Ini Silvia Halim, Perempuan di Balik Kesuksesan MRT JakartaMRT Jakarta (Foto: Rifkianto Nugroho)
Karena sosoknya yang menginspirasi itu pula, Silvia pernah terpilih sebagai salah satu bintang kampanye #SiapaBilangGakBisa besutan Pantene Indonesia. Ia bersandingan dengan penyanyi Anggun, jurnalis Najwa Shihab, aktris Maudy Ayunda, aktivis difabel Angkie Yudistia dan beberapa perempuan inspiratif lainnya.

MRT Jakarta kini sudah mulai melayani para komuter. Moda transportasi ini sudah bukan sebuah angan-angan lagi berkat sosok Silvia Halim dan timnya.




(dtg/dtg)