Begini Curhatan Para Wanita yang Kerja di Industri Didominasi Pria

Rahmi Anjani - wolipop Rabu, 13 Mar 2019 18:30 WIB
Foto: iStock Foto: iStock

Jakarta - Bekerja di perusahaan yang didominasi pria memang susah-susah gampang bagi wanita. Sebagian wanita tak punya masalah dengan itu tapi sebagian lain punya pengalaman yang berbeda. Sebuah tweet viral beberapa waktu lalu karena membahas mengenai hal terburuk yang pernah terjadi saat wanita bekerja di didominasi pria. Cuitan tersebut pun membuktikan jika masih banyak wanita yang diperlakukan kurang pantas bahkan di tempat kerja oleh lawan jenis.

Percakapan tersebut diawali oleh seorang netizen bernama Rachel. Wanita ini menanyakan 'oke para wanita, cerita terburuk apa yang pernah kalian alami selama bekerja di industri yang didominasi pria?' Ia kemudian menceritakan pengalamannya sendiri. 'Ceritaku mungkin ketika subkontraktor mengatakan dia berharap rompi keamananku lebih pendek jadi dia bisa melihat bokongku lalu meraih tanganku untuk mencari cincin kawin'.



ni Curhatan Para Wanita yang Kerja di Industri Didominasi PriaFoto: Twitter
Tweet tersebut mendapatkan banyak balasan dari wanita yang pernah mengalami hal serupa. Beberapa dari wanita mengeluhkan para pria yang mencoba menggoda mereka ketika sedang melakukan pekerjaan.

"Suatu musim panas aku magang di perusahaan teknologi besar. Aku satu-satunya wanita di seluruh tim. Salah satu rekannya tanpa henti mengirimkanku pesan dan pada hari ulang tahunku dia memberiku dua gift card red lobster senilai $100 lalu ketika dia tahu aku punya pacar, dia memintanya kembali," tulis @emilymccutie.

ni Curhatan Para Wanita yang Kerja di Industri Didominasi PriaFoto: Twitter
Beberapa wanita juga mengalami kejadian di mana mereka dipandang sebelah mata hanya karena gender. "Bekerja di toko peralatan sebentar dan itu adalah yang terburuk. Pernah ada pria datang dan aku bertanya apa ada yang bisa dibantu dia berkata 'terima kasih sayang tapi aku akan bertanya pada salah satu pria yang pintar'. Aku akhirnya harus menjawab pertanyaannya. Dia kesal dan keluar," kata @not_bella.

"Aku punya dua cerita dari bekerja di industri auto. 1. Waktu seorang teman mengajakku minum dan ketika aku mengatakan aku berusia 17 tahun dia malah menawarkanku minum soda pop. 2. Waktu seorang pelanggan menolak untuk berbicara padaku (resepsionis) dan secara spesifik meminta untuk berbicara dengan pria. Dia ingin dijadwalkan pertemuan," ungkap @elorathewitch.

ni Curhatan Para Wanita yang Kerja di Industri Didominasi PriaFoto: Twitter
Cerita lain datang dari seorang wanita yang sering dikira pramugari padahal dia bisa mengendarai pesawat terbang. "Bekerja dalam aviasi sering diasumsi bahwa aku seorang pramugari. Aku punya gelar Aeronautika, lisensi terbangku, lisensi aircraft dispatch, terlatih sebagai pengontrol trafik penerbangan, tapi tetap setiap kali aku mengatakan pada seseorang aku bekerja di aviasi mereka berkata, 'oh, kamu seorang pramugari," tulis @supered_10. (ami/ami)