Kisah Ibu 6 Anak yang Dulu Tak Punya Rumah Kini Berpenghasilan Rp 31 M

Rahmi Anjani - wolipop Minggu, 03 Mar 2019 16:06 WIB
Vanessa Odgen Moss. Foto: Instagram/@vanessaodgenmoss Vanessa Odgen Moss. Foto: Instagram/@vanessaodgenmoss

Jakarta - Setiap orang punya jalannya masing-masing dalam meraih keberhasilan. Tak jarang, seseorang harus melewati berbagai kesulitan sebelum menemukan cara untuk sukses.

Tengok kisah ibu enam anak berikut yang pernah tak punya rumah hingga mengalami 'mental breakdown' sebelum jadi pengusaha seperti sekarang. Kisahnya mungkin bisa menginspirasi Anda.

Adalah Vanessa Ogden Moss yang kini punya mobil mewah hingga muncul di sampul majalah ternama karena kesuksesannya. Wanita asal Inggris ini telah menghasilkan lebih dari £1.7 juta (Rp 31 miliaran) meskipun hanya bekerja beberapa jam dalam seminggu dari rumah.

Kesuksesan Vanessa didapatkannya setelah melewati berbagai kejadian kurang menyenangkan. Mulai dari kehilangan rumah, anak yang meninggal, hingga perpisahan dengan pasangan.


Kisah Ibu 6 Anak yang Dulu Tak Punya Rumah, Kini Berpenghasilan Rp 31 MFoto: Instagram/@vanessaodgenmoss

Kepada Daily Mail, wanita 42 tahun tersebut mengatakan bahwa hidupnya jauh dari sukses 15 tahun lalu. Ketika itu, anaknya yang berusia lima tahun meninggal karena kanker langka, ia pun berpisah dari pasangan, dan tidak punya rumah. Vanessa pun harus tidur dari sofa ke sofa di rumah teman dan saudara.

Karena itu, Vanessa mengalami stres berat. Tak ingin hanyut dengan depresi, ia memutuskan untuk beralih ke media sosial dan memotivasi orang lain yang mungkin merasakan hal serupa. Wanita yang tak lulus SMA itu lalu membuat halaman Facebook 'Yummy Mummy' yang membahas program penurunan berat badan untuk ibu baru melahirkan. Banyak yang puas dengan saran Vanessa, para anggota halaman itu pun mau membayar untuk saran-sarannya.

"Itu seperti momen cahaya dalam kepalaku. Aku pikir jika orang mau membayarku untuk ini aku bisa membuat sesuatu dari itu. Aku belajar semuanya dari YouTube dan Google dan mulai mengajarkan orang-orang belajar hal-hal baru dan mereka membayarku untuk kursus itu," ujarnya.


Kisah Ibu 6 Anak yang Dulu Tak Punya Rumah, Kini Berpenghasilan Rp 31 MFoto: Instagram/@vanessaodgenmoss

Sepuluh tahun kemudian, Vanessa membangun perusahaan di mana orang-orang bisa mengikuti kursusnya secara online. Melalui program 'Master Classes', Vanessa mengajarkan pada wirausahawan baru bagaimana cara mengembangkan bisnis.

Kini Vanessa hanya perlu bekerja beberapa tiga jam dari rumah untuk menghasilkan £25,000 (Rp 466 jutaan). Vanessa pun akan merilis buku terbarunya yang berjudul 'Make A Million From Home'.

"Aku selalu bilang bahwa membantu orang membuatku lebih baik. Aku tidak tahu aku akan melewati stres tersebut tanpa memfokuskan energiku untuk membantu orang lain. Aku tidak sadar bahwa aku telah membantu diriku sendiri," kata Vanessa.
(ami/hst)