Menurut Riset, Wanita yang Berpakaian Seperti Ini Lebih Mudah Naik Jabatan

Rahmi Anjani - wolipop Rabu, 13 Feb 2019 19:06 WIB
Foto: Thinkstock Foto: Thinkstock

Jakarta -

Kenaikan gaji atau jabatan memang kebanyakan adalah hasil dari kerja keras dan ketekunan. Namun bukan rahasia lagi jika penampilan yang menunjang juga mendorong kesuksesan. Sejumlah penelitian telah membuktikannya, terutama pada pekerja wanita. Sebuah riset terbaru pun mengungkap cara berpakaian para wanita karier yang dianggap membuat mereka mudah naik jabatan.

Sebelumnya terungkap jika kebanyakan wanita yang dandan di kantor menerima penghasilan yang lebih tinggi dari pada yang tidak. Riset lain pun mengungkap cara berpakaian yang juga bisa meningkat percaya diri dan membuat wanita lebih sukses dalam pekerjaan. Hasilnya pun cukup mengejutkan. Dikatakan jika wanita yang pakai rok pendek di kantor lebih mudah dipromosikan.

Riset ini pun sebenarnya mengungkap fakta yang cukup menyedihkan. Yakni mengenai wanita yang hingga kini masih dilihat dan dinilai berdasarkan penampilan di tempat kerja. Menurut studi, pakai rok pendek atau blus berkerah rendah bukan sesuatu yang buruk. Mereka yang berpakaian seperti itu bahkan lebih mudah naik pangkat.

Dalam penelitian, 24 wanita yang baru lulus kuliah diminta untuk berpakaian 'smart' dan seksi. Kemudian foto mereka ditunjukkan kepada 500 partisipan, termasuk mahasiswa wanita, profesor, dan orang dewasa lain. Para volunter penelitian lalu diminta untuk menebak berapa nilai para wanita tersebut, seberapa kompeten, dan seberapa pantas pakaian yang dikenakan.

Mereka yang memakai blazer dan celana panjang atau rok panjang dinilai lebih tinggi dari pada yang mengenakan dress atau rok pendek, atasan berdarah rendah, dan high heels. Para mahasiswi pun menganggap jika pakai baju terlalu seksi bisa berpengaruh buruk terhadap karier.

Namun berbeda dengan anggapan para orang dewasa, termasuk para profesor. Mereka justru menganggap wanita yang berpakaian lebih seksi juga lebih mudah diterima bekerja atau dipromosikan.

"Sering dianggap bahwa bagaimana kita berpakaian adalah refleksi dari kepribadian kita. Tapi ini mungkin tidak terjadi pada wanita, mengingat mereka selalu dinilai berdasarkan penampilan dan kesimpulan tidak patut itu menempel pada mereka, termasuk dalam hal inteligensi dan kemampuan profesional," kata Fabio Fasoli selaku dosen psikologi sosial di University of Surrey.

Meski wanita yang memakai busana lebih minim dikatakan mudah naik jabatan, tentu Anda tak perlu berpakaian demikian untuk mencapai posisi tinggi di perusahaan. Dengan dedikasi, usaha maksimal serta sikap profesional yang baik, para wanita tentu bisa mendapat kesuksesan. Walau begitu, penampilan yang pantas tentu tetap penting diperhatikan karena termasuk dalam penilaian.
(ami/ami)