Kisah Viral Karyawati Dipecat Honda karena Bikin Komentar SARA

Rahmi Anjani - wolipop Jumat, 21 Des 2018 18:34 WIB
Ilustrasi karyawati. Foto: Thinkstock Ilustrasi karyawati. Foto: Thinkstock

Jakarta - Mengunggah foto atau meninggalkan komentar di media sosial memang perlu hati-hati. Gara-gara postingan kurang bertanggungjawab bukan tidak mungkin Anda diperkarakan ke ranah hukum atau menerima ganjaran kurang menyenangkan lain. Hal tersebut terjadi pada seorang wanita yang komentarnya viral di Facebook. Menyalahkan Tuhan atas kematian seorang pemadam kebakaran, ia pun dipecat dari perusahaan.

Wanita bernama Caryn Yean ini jadi bukti bahwa bermain media sosial juga harus dengan rasa tanggungjawab. Wanita asal Malaysia tersebut beberapa waktu lalu meninggalkan komentar tidak menyenangkan pada sebuah postingan live streaming Facebook. Dalam konferensi pers mengenai kematian pemadam kebakaran bernama Muhammad Adib Mohd Kassim, ia berkomentar yang menyinggung SARA (Suku Agama Ras dan Antar golongan).

"Bkn kerajaan gagal. Tuhan u yang gagal sembuhkan adib," tulis Caryn Yean yang bisa diartikan 'Itu bukan karena kegagalan pemerintahan (untuk mencegah kematian Adib) tapi itu kegagalan Tuhanmu untuk menyembuhkannya'.

Dilansir New Straits Times, Adib adalah seorang pemadam kebakaran meninggal karena cedera pada 17 Desember lalu. Saat itu, Adib tengah bertugas ketika kerusuhan di kuil Seafield yang terjadi bulan lalu.

Komentar tersebut kemudian di-screen shot dan disebarkan di media sosial. Setelah itu nama Caryn Yean pun menjadi viral dan menimbulkan kontroversi. Banyak netizen mengritik komentar Caryn Yean yang tidak sensitif terhadap agama lain.



Diketahuilah bahwa Caryn Yean bekerja di distributor Honda Sri Utama Auto Sdn Bhd. Kemudian banyak orang meninggalkan komentar pada kolom review halaman Facebook perusahaan tersebut bahwa salah satu staff mereka memberikan komentar tidak pantas.

Hanya berselang satu hari, direktur perusahaan pun mengungkap jika Caryn telah disuspen dan perusahaan tengah melakukan investagasi. Dan dua hari kemudian, perusahaan mengatakan jika Caryn Yean telah dipecat.



"Kami akan lebih memperhatikan pelatihan dan mengedukasi pekerja kami untuk menanamkan nilai moral tinggi dan menghormati semua individu setiap waktu," ungkap surat dari Honda yang diunggah di Facebook.
(ami/eny)