Menikah dengan Irwan Mussry yang Pengusaha, Maia 'Curi' Ilmu Bisnis Ini

Rahmi Anjani - wolipop Jumat, 30 Nov 2018 15:33 WIB
Foto: Instagram Maia Estianty Foto: Instagram Maia Estianty

Jakarta - Maia Estianty jadi dosen tamu di Ilmu Komunikasi Universitas Indonesia pada Kamis, (29/11/2018) kemarin. Membagi ilmu kepada para mahasiswa, Maia pun mengungkap sejumlah pengetahuannya terkait ilmu branding. Tak hanya dari berbagai pengalaman berbisnis, Istri Irwan Mussry itu mengungkap trik bisnis dari sang suami.

Wanita yang awalnya dikenal sebagai musisi ini kini memang lebih aktif sebagai pebisnis. Karena itu, Maia diundang sebagai dosen tamu untuk mata kuliah Kepemimpinan dan Pengembangan Kelompok oleh Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP). Di kesempatan itu, wanita yang juga lulusan Ilmu Komunikasi UI angkatan 1995 tersebut pun membagi ilmu dan pengalaman soal menjadi humas dan branding merek kosmetik EMK hingga dulu saat tergabung dalam duo Ratu.

Menikah dengan Irwan Mussry yang Pengusaha, Maia Curi Ilmu Bisnis IniMaia Estianty Jadi Dosen Tamu di Universitas Indonesia.
Foto: Rahmi Anjani/Wolipop
Menurut Maia, tugas utama humas adalah menjaga agar nama perusahaan tetap baik. Ia sendiri menjadi humas sekaligus marketing brand-nya EMK. Untuk itu, Maia memanfaatkan dirinya sendiri untuk memasarkan dan menjadi 'wajah' dari merek kecantikan asal Amerika Serikat tersebut melalui Instagram.

"Saya menjadi brand ambassador brand sendiri, Instagram menjadi toko saya sendiri. Kenapa dijual di Instagram? Karena kebanyakan pelanggan adalah wanita dan kebanyakan wanita main medsos. Yang jadi contohnya ya saya sendiri. Saya pakai sendiri otomatis mereka percaya. Kebetulan saya diuntungkan dari banyak sisi," kata Maia di Gedung Komunikasi FISIP, Universitas Indonesia, Depok, Jawa Barat.
Maia mengaku jika brand kecantikan yang menjual produk perawatan itu sangat sukses. Apalagi ia tak perlu membayar banyak untuk urusan humas dan marketing karena bisa dilakukan sendiri lewat Instgram. Bermodal $10 ribu (Rp 100 jutaan) di tahun 2015, Maia mengatakan bisa memesan lagi Rp 3 miliar produk di enam bulan pertama.

Menikah dengan Irwan Mussry yang Pengusaha, Maia Curi Ilmu Bisnis IniMaia Estianty Jadi Dosen Tamu di Universitas Indonesia.
Foto: Rahmi Anjani/Wolipop
Dalam kelas, Maia pun mengaku tidak pintar secara materi. Karena itu, ia lebih banyak mengungkap ilmu dari pengalaman selama karier bahkan kehidupan pribadi. Salah satunya dari melihat sang suami dalam menjalankan bisnis. Hal tersebut disampaikan ketika ia memberi nasehat kepada para mahasiswa angkatan 2016.



"Pastikan pekerjaan sesuai passion biar jadi kreatif. Kalau nggak happy kan juga ngapain. Jangan pernah nggak mencoba sesuatu asalkan bertemu orang-orang yang tepat. Dulu waktu bermusik, ada mantan suami. Untuk EMK, saya punya partner yang terpercaya. Sekarang suami juga pengusaha. Jadi dapat ilmunya, makanya harus dengan orang yang tepat," tuturnya.

"Suami saya itu lulusan SMA tapi dia berani membayar orang-orang hebat (untuk bekerja bersama) jadi dapat ilmunya. Jadi, harus sering-sering bertemu dengan orang hebat. Kalian bisa lihat bagaimana perusahaan besar membuat tagline, cara komunikasinya. Lalu kalian bisa bikin A + B tapi ditambah C," tambah Maia.
(ami/ami)