Tips Bikin CV Kekinian untuk Milenial dari Praktisi Komunikasi Visual

Daniel Ngantung - wolipop Selasa, 27 Nov 2018 09:51 WIB
Foto: Thinkstock Foto: Thinkstock

Jakarta - Jumlah pencari kerja semakin bertambah, namun lapangan kerja yang tersedia terbatas. Dengan persaingan yang kian ketat, bagi kamu yang tengah berburu pekerjaan harus pintar-pintar merebut hati perusahaan incarannya. Salah satunya lewat curriculum vitae atau CV yang menarik dan kekinian.

Menurut CEO Tulisan Muhammad Zulfadly, layouting atau pengaturan tata letak dan warna menjadi kunci utama. Layout berarti desainnya perlu diperhatikan agar terlihat indah dan tetap nyaman dibaca. Mulai dari foto hingga tulisan. "Bisa saja ada puluhan pengirim CV, jadi kita harus buat sesuatu yang menarik perhatian recruiter," kata Fadly kepada Wolipop di acara #BicaraUang Creator Fest x Dimensional Morphology beberapa waktu lalu.


Tips Bikin CV Kekinian untuk Milenial dari Praktisi Komunikasi Visual Layout CV perlu diperhatikan agar terlihat menarik dan tetap nyaman dibaca. (Foto: Thinkstock)
Untuk tema warna, pilih sesuai karakter perusahaan yang dituju. Fadly mencontohkan, warna biru yang merepresentasikan kesan tangguh dan berwibawa akan sangat cocok bila CV-mu ditujukan kepada bank dan instansi sejenis. "Sebaliknya, warna tersebut terlihat kaku untuk pekerjaan di ranah industri kreatif. Jangan monoton, setidaknya ada permainan tabrak warna," tambah Fadly yang juga dikenal sebagai praktisi komunikasi visual itu.

Cara penulisan pada CV tentu juga perlu mendapat perhatian. Poin penting tentang diri kamu yang 'menjual' harus tersampaikan dengan baik tanpa bertele-tele. Untuk itu, Fadly punya cara tersendiri. "Bikin versi panjang dulu, lalu disaring lagi. Setelah itu, minta orang lain baca. Kira-kira mereka ngerti nggak pesan yang ingin kita sampaikan. Ini yang terpenting, jangan ragu untuk dikoreksi orang lain," ujar dia.


Kecanggihan teknologi juga bisa kamu manfaatkan agar kemasan CV terasa lebih kekinian.Kecanggihan teknologi juga bisa kamu manfaatkan agar kemasan CV terasa lebih kekinian. (Foto: Thinkstock)
Kecanggihan teknologi juga bisa kamu manfaatkan agar kemasan CV terasa lebih kekinian. Salah satunya adalah pemakaian QR code yang berisi tautan dokumen-dokumen digital yang berkaitan dengan profilmu. Dengan QR code, CV juga menjadi lebih aman ketimbang harus menggunakan cakram pada alias compact disc. "Tinggal buka YouTube, di situ banyak tutorial bikin QR code," kata Fadly.
(dng/asf)