Ini Mantan Model yang Jadi Pelatih Yoga Tertua di Usia 100 Tahun

Rahmi Anjani - wolipop Kamis, 22 Nov 2018 08:06 WIB
Foto: Blog Tao Porchon-Lynch Foto: Blog Tao Porchon-Lynch

Jakarta - Usia memang tak seharusnya menghalangi orang untuk berkarya. Namun karena alasan kesehatan, tidak semua orang bisa aktif di usia senja. Karena itu, Tao Porchon-Lynch patut dikagumi. Di usia yang menginjak 100 tahun ia masih bekerja sebagai pelatih yoga. Apa rahasia panjang umur Tao?

Wanita yang kini tinggal di New York, AS tersebut pertama kali membuka Westchester Institute of Yoga di 1982 ketika berusia 60an. Namun ia sudah mengenal yoga sejak usia sembilan tahun ketika tinggal di India dari anak-anak lelaki. Padahal, saat itu Tao kerap dimarahi oleh bibinya karena tidak berperilaku seperti wanita.

"Aku bilang, 'jika anak-anak lelaki bisa melakukannya, aku bisa melakukannya juga. Jika kamu percaya pada sesuatu, maju dan lakukan itu," ungkapnya dilansir Lohud.

Ini Mantan Model yang Jadi Pelatih Yoga Tertua di Usia 100 TahunFoto: Blog Tao Porchon-Lynch
Wanita yang punya rekor Guru Yoga Tertua di Dunia dari Guinness World Records itu pun kini masih bisa mengajar delapan kelas dalam seminggu hingga berbicara di sejumlah konferensi. Di usia 100, setiap harinya Tao juga selalu semangat dalam menjalani kegiatan.

"Aku bangun sebelum matahari terbit karena aku suka melihatnya terbit. Dengan mengamati alam, aku bisa merasa dorongan kehidupan. Aku melihat ke luar jendela ke langit dan ke diriku sendiri bahwa ini akan menjadi hari terbaik dalam hidupku. Lalu akan mengambil jurnal dan menulis sesuatu dari pikiranku yang datang dari hati," kata Tao.

Hal itu pun menjadi salah satu rahasia panjang umur Tao. Selain itu, Tao juga memastikan ia selalu melakukan apa yang dicinta. "Apa yang paling aku suka dari mengajar adalah melihat senyum yang keluar dari wajah seseorang ketika mereka sadar mereka bisa melakukan hal-hal yang mereka kira tidak mungkin secara fisik dan mental," tambahnya.

Ini Mantan Model yang Jadi Pelatih Yoga Tertua di Usia 100 TahunFoto: Blog Tao Porchon-Lynch
Bekerja dengan fisik di usia yang tidak muda, tentu Tao pernah mengalami beberapa insiden. Ia diketahui pernah patah pinggul awal tahun ini. Namun hal tersebut tidak menghalanginya untuk tetap aktif bekerja. Tao juga masih punya semangat belajar dengan mencoba tari ballroom. Setiap tahunnya, Tao pun berpartisipasi di empat kompetisi ballroom dengan rekan yang 70 tahun lebih muda.

Tao yang dulu pindah dari Prancis ke Amerika Serikat pun sempat menjadi model sertaaktrisHollywood. Selain itu, ia juga pernah menjadi penulis, produser, hingga broker film internasional. Di masanya,Tao sering bertemu dengan orang-orang legendaris, sepertiMarilynMonroe,ElizabethTaylor, danDevAnand.

(ami/ami)