Perawat Dipecat Karena Jadi Beyonce Saat Halloween, Ini Alasannya

Rahmi Anjani - wolipop Jumat, 02 Nov 2018 08:17 WIB
Foto: (Beyonce/Youtube) Foto: (Beyonce/Youtube)

Jakarta - Setiap tahunnya, pesta kostum Halloween dinanti banyak orang. Terutama untuk mereka yang suka mengekspresikan diri lewat kostum dan riasan. Kesempatan untuk berdandan sebagai karakter unik pun tidak datang setiap saat. Namun jangan sampai menyinggung pihak tertentu dengan kostum yang digunakan hingga merugikan diri sendiri seperti perawat ini.

Seorang wanita dikabarkan dipecat dari pekerjaannya sebagai perawat karenan dandanan di pesta Halloween di masa lalu. Perawat bernama Shelbi Heenan tersebut memilih berkostum sebagai Beyonce dan mengunggahnya di Facebook pada tahun 2009.

Sepintas tak ada yang salah dengan hal itu mengingat Beyonce adalah sosok terkenal dan ikonik. Namun mengingat Shelbi bukan orang keturunan Afrika dan menghitamkan wajahnya, tindakan itu dianggap rasis.

Perawat Dipecat Karena Jadi Beyonce Saat Halloween, Ini AlasannyaFoto: Facebook
Shelbie dan pacarnya yang berdandan sebagai Jay Z sengaja menghitamkan wajah mereka untuk terlihat seperti pasangan Afrika-Amerika tersebut. Setelah ketahuan dn dilihat banyak orang, foto Shelbi pun jadi perbincangan di kantornya dan tak lama kemudian pihak rumah sakit mengumumkan jika Shelbie sudah bukan pegawai di sana.

"Ini melanggarkan kebijakan Saint Luke untuk berkomentar tentang masalah personel yang spesifik (tapi) kami bisa mengonfirmasi bahwa individu ini bukan lagi pegawai Saint Luke," ungkap pihak rumah sakit tempat Shelbi bekerja.

"Saint Luke sangat berkomitmen terhadap budaya keberagaman dan inklusi kami. Adalah sesuatu yang mendasarkan bagi kami sebagai organisasi dan kami sangat menjaganya atas dasar semua pasien dan pegawai dan berharap mereka bisa mewakili kami untuk melakukan hal yang sama," tambah pihak Saint Luke.

Kejadian ini pun diharap bisa mengajarkan kepada publik mengenai tindakan 'blackface' (menghitamkan wajah untuk terlihat seperti warga kulit hitam dengan cara yang menghina) yang mana adalah sebuah tindakan rasis. (ami/ami)