Wanita Ini Kerjanya Bikin Caption di Instagram, Dibayar Rp 91 Juta Per Hari

Rahmi Anjani - wolipop Sabtu, 20 Okt 2018 07:20 WIB
Foto: Instagram @talkingshrimpnyc Foto: Instagram @talkingshrimpnyc

Jakarta - Instagram tak hanya menjual foto tapi juga kata-kata. Demi konten menarik dan akun interaktif, kalimat untuk caption maupun feed yang tepat sangat dibutuhkan. Quote lucu hingga inspiratif yang sering Anda lihat di Instagram pun tak datang tiba-tiba. Ada seseorang yang bekerja untuk menciptakannya, salah satunya wanita bernama Laura Belgray ini.

Laura Belgray adalah sosok di balik bisnis copywriting Talking Shrimp. Laura menerima penghasilan dengan menulis kata-kata yang mungkin Anda tak pernah pikir bisa jadi pekerjaan. Misalnya saja nama dan intro acara podcast hingga tagline di situs belanja agar orang tertarik membeli.



Belakangan, Laura menerima proyek baru. Seiring populernya Instagram sebagai media baru, jasanya dibutuhkan sejumlah pihak. Saat menulis kata-kata menarik untuk caption atau feed, Laura pun mendapatkan bayaran yang tidak sedikit. Ia bisa menghasilkan $950 (Rp 14 jutaan) per jam. Kadang Laura dapat meraup $6,000 (Rp 91 jutaan) dalam satu hari.

View this post on Instagram

A post shared by Laura Belgray (@talkingshrimpnyc) on Jan 12, 2018 at 9:20am PST

"Kamu mungkin sudah sering melihat kutipan-kutipan inspirasional di Instagram tapi aku percaya mengunggah ungkapan originalmu sendiri (lebih baik). Dan aku merasa ironis bahwa banyak orang mengunggah ungkapan Oscar Wilde yang sama 'Jadilah dirimu sendiri. Karena orang lain sudah ada yang punya'" kata Laura kepada Time.



Laura pun mengungkap bahwa kadang orang yang menyewa jasanya bukanlah tidak pintar. Namun terkadang mereka hanya terlalu formal sehingga kata dan kalimat yang disampaikan kurang tepat. Ia biasanya juga bekerja sama dengan desainer grafis untuk desain tulisan dan grafisnya.

View this post on Instagram

A post shared by Laura Belgray (@talkingshrimpnyc) on Dec 8, 2017 at 8:43am PST

"Semakin banyak bisnis dan pengusaha menggunakan Instagram dan media sosial lain untuk memperkuat brand mereka. Mereka membutuhkan kata-kata dan tidak semua orang pintar dengan kata-kata. Kebanyakan orang butuh bantuan dan banyak yang bersedia untuk membayar," ungkapnya.

Anda yang juga pandai merangkai kata-kata mungkin juga bisa terinspirasi dari pekerjaan Laura ini. Laura pun memberikan sejumlah tips untuk membangun karier menulis online. Beberapa di antaranya, seperti rajin menunjukkan karya, membingkai kata-kata dengan grafis ciptaan sendiri agar unik, dan pastikan orang-orang mengetahui Anda 'available' untuk disewa jasanya.
(ami/ami)