Catat! Ini Tips Bebas Konflik dengan Pasangan di Bulan Ramadhan

Jihaan Khoirunnisaa - wolipop Senin, 03 Mei 2021 12:43 WIB
GoPay Ramadan_Socmed_1080x1080 Foto: shutterstock
Jakarta -

Selama bulan Ramadhan biasanya kegiatan akan bertambah banyak, khususnya bagi keluarga yang berpuasa. Sebab selain fokus beribadah, pasangan yang sudah berumah tangga akan sibuk menyiapkan menu sahur dan berbuka, mulai dari belanja bahan, memasak, hingga mempersiapkan kebutuhan anggota keluarga lainnya.

Apalagi selama pandemi COVID-19 yang mengharuskan banyak aktivitas dilakukan di rumah, seperti bekerja, sekolah, dan beribadah. Di tengah padatnya kegiatan seperti sekarang ini tentu menjadi rentan akan konflik.

Untuk itu penting bagi pasangan untuk menjalin komunikasi yang baik. Konsultan Pernikahan, Indra Noveldy menilai komunikasi jadi hal krusial guna mencegah timbulnya konflik di dalam keluarga, terutama terkait urusan berbagi peran dan tugas di rumah.


"Setiap pasangan memiliki cara yang berbeda-beda dalam berbagi perannya di dalam rumah tangga. Semua membutuhkan negosiasi dan komunikasi yang sehat sehingga kalaupun ada konflik, dapat diselesaikan dengan baik. Setiap pasangan tentunya punya keinginan untuk bisa membuat rumah tetap terasa nyaman agar ibadah Ramadhan dapat berjalan dengan lancar," ujar Indra dalam keterangan tertulis, Senin (3/5/2021).



Indra pun membagikan tips seputar mengatasi konflik dengan pasangan. Salah satunya dengan melakukan penyederhanaan tugas di rumah. Dengan begitu, pasangan bisa memfokuskan perhatiannya pada hal-hal lain yang jauh lebih mendasar.

"Resolusi konflik dengan pasangan membutuhkan waktu dan energi yang besar, maka dari itu sebaiknya dilakukan dalam keadaan tenang. Jangan sampai karena hal-hal yang bersifat teknis, seperti lupa bayar tagihan misalnya malah memicu ledakan konflik di rumah. Dengan sudah otomatisnya urusan teknis ini, suami istri bisa lebih memfokuskan energinya untuk menyelesaikan masalah yang lebih mendasar dan membutuhkan perhatian lebih besar," terangnya.

GoPay Luncurkan Program Rumah Tanggap

Sementara itu, Chief Marketing Officer GoPay, Fibriyani Elastria menjelaskan untuk mendukung kelancaran aktivitas selama Ramadhan, GoPay meluncurkan inisiatif Rumah Tanggap. Inisiatif ini dilakukan dengan mengajak seluruh pasangan untuk saling tanggap dan sigap dengan urusan rumah tangga.

"GoPay hadir sebagai solusi cara cepat bebas ribet untuk membantu menyederhanakan segala urusan pembayaran sehari-hari," tuturnya.


Dengan layanan GoPay yang luas, Fibriyani menyebut pengguna dapat memenuhi pembayaran beragam kebutuhan rumah selama Ramadhan. Beberapa di antaranya yaitu pembayaran tagihan bulanan seperti listrik dan paket data lewat fitur GoTagihan, belanja bulanan di Sayurbox, Blibli.com, Alfamart, pembelian makanan untuk berbuka puasa di restoran maupun melalui GoFood, bayar aplikasi hiburan, hingga berbelanja baju lebaran dan membayar zakat secara online.

GoPay Ramadan_Socmed_1080x1080

Fibriyani menambahkan masyarakat juga dapat memanfaatkan serangkaian penawaran khusus untuk transaksi GoPay di lebih dari ratusan tempat belanja yang bekerja sama di program Promo Tanggap dengan cashback hingga 90%. Informasi promo dan daftar rekan usaha selengkapnya dapat dilihat melalui https://gpy.id/promotanggap.

Diungkapkannya, pengguna juga tidak perlu khawatir akan pencatatan keuangan selama Ramadhan. Berkat fitur GoPay Diary, pengeluaran akan otomatis tercatat setiap bulannya dan dikirimkan melalui email pengguna.

"Dengan adanya transparansi tersebut, pengguna dapat mengawasi pengeluaran dari GoPay Diary yang diterima setiap bulannya. Catatan pengeluaran ini selanjutnya bisa dimanfaatkan pengguna merencanakan pengeluaran di bulan berikutnya," pungkasnya.

(ega/ega)