Apa Itu Open Marriage yang Dikaitkan dengan Kasus Video Gisel? Ini Artinya

Gresnia Arela Febriani - wolipop Rabu, 30 Des 2020 10:33 WIB
Gisella Anastasia Gosip Gisel menjalani open marriage. Foto: Instagram @gisel_la
Jakarta -

Gisella Anastasia mengaku membuat video hubungan intimnya dengan pria bernama Michael Yukinobu Defretes atau Nobu pada 2017. Video tersebut dibuat saat dia masih menjalani pernikahan dengan Gading Marten.

Gara-gara pengakuan Gisel kepada polisi soal video seksnya itu kini ramai gosip bahwa ibu satu anak itu pernah menjalani open marriage dengan mantan suaminya Gading Marten. Netizen Twitter pun ramai membahas gosip open marriage ini. Salah satunya akun Twitter @@BanyuSadewa.

"Bunda bunda kok kaget sih kalo dibuat taon 2017? Jangan polos polos amat dong, open-marriage itu fenomena biasa kok bundsay," begitu dia menuliskan di akun Twitternya pada Selasa (29/12/2020).

Apa itu open marriage atau open relationship yang kini dikaitkan dengan kasus video seks Gisella?

Istilah open relationship atau open marriage populer setelah digunakan penulis Nena O'Neill and George O'Neill dalam buku mereka Open Marriage yang dirilis pada 1972. Dalam buku tersebut, keduanya menjelaskan open marriage atau open relationship adalah sebuah hubungan di mana masing-masing pihak memiliki ruang untuk mengembangkan diri mereka dan mengizinkan satu sama lain membangun hubungan dengan orang lain.

Riset yang dilakukan National Opinion Research Center's General Social Survey mengungkapkan 4-5% pria dan wanita setuju dengan open marriage ini. Daripada diam-diam selingkuh, mereka memilih secara terbuka menjalin hubungan dengan orang lain selain pasangan di pernikahan tersebut.

Psikolog Meity Arianty STP., M. Psi menjelaskan lebih lanjut apa arti open relationship. Menurut Meity, open relationship adalah hubungan yang memperbolehkan masing-masing pihak untuk bercinta atau berhubungan seks dengan orang lain selain pasangannya.

"Hubungan ini bersifat konsensual atau terjadi atas persetujuan kedua pihak dalam pasangan tersebut. Hubungan ini diyakini tidak melibatkan perasaan. Dengan kata lain dia bisa bercinta dengan siapa saja tapi tidak boleh jatuh cinta ke orang tersebut. Bisa di bayangkan apa yang terjadi pada pasangan yang melakukan hal ini?" ungkap Mei saat dihubungi Wolipop.

Dalam menjalani open relationship atau open marriage ini pastinya pasangan yang terlibat memiliki aturan tersendiri. Kata Meity aturan open relationship tergantung dari pasangan yang menjalaninya.

"Mereka membuat aturan yang paling pas buat mereka. Misal tidak boleh cemburu, tidak boleh mengatur, tidak boleh melihat handphone pasangannya, tidak boleh membahas atau membandingkan dirinya dengan orang lain. Hanya boleh melakukan hubungan satu kali dengan orang yang sama, tidak boleh kencan dan melakukan hal romantis," jelas Mei soal open marriage.



Simak Video "Wajah Glowing Jennifer Lopez Dituding Penuh Botoks"
[Gambas:Video 20detik]
(eny/eny)