11 Ucapan Pernikahan Islam yang Penuh Makna dan Berkesan

Lusiana Mustinda - wolipop Minggu, 26 Jul 2020 07:00 WIB
National wedding. Bride and groom. Wedding muslim couple during the marriage ceremony. Muslim marriage Ucapan pernikahan Islami. Foto: Getty Images/iStockphoto/Vershinin
Jakarta -

Ucapan pernikahan Islam bisa kamu berikan saat seseorang terdekat kita akan menjalani hidup baru dengan pasangannya. Ucapan menjadi kata-kata selamat kita untuk dirinya yang juga berarti sebuah doa dan harapan untuk kehidupan pernikahannya.

Di dalam Islam, tujuan pernikahan di antaranya adalah mempunyai anak keturunan yang baik dan sah dan membina rumah tangga yang Sakinah, Mawaddah, Warahmah.


Pernikahan juga dapat menunjukkan sisi keromantisan kehidupan sepasang suami istri. Dalam sebuah hadits disebutkan:

"Muhammad bin Yahya telah menceritakan kepada kami: Sa'id bin Sulaiman telah menceritakan kepada kami: Muhammad bin Muslim telah menceritakan kepada kami: Ibrahim bin Maisarah telah menceritakan kepada kami: Dari Thawus, dari ibnu Abbad, dia berkata: Rasulullah SAW bersabda: Kami belum pernah melihat dua orang yang memadu cinta sebagaimana orang yang menikah." (HR. Ibnu Majah, no: 1847).


Ucapan pernikahan dalam bahasa Arab juga bisa kamu kirimkan sesuai dengan firman Allah SWT dalam Surat Ar-Rum ayat 21:

وَمِنْ آيَاتِهِ أَنْ خَلَقَ لَكُمْ مِنْ أَنْفُسِكُمْ أَزْوَاجًا لِتَسْكُنُوا إِلَيْهَا وَجَعَلَ بَيْنَكُمْ مَوَدَّةً وَرَحْمَةً ۚ إِنَّ فِي ذَٰلِكَ لَآيَاتٍ لِقَوْمٍ يَتَفَكَّرُونَ


Artinya: "Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu istri-istri dari jenismu sendiri, supaya kamu merasa tentram kepadanya, dan Dia menjadikan di antara kami kasih sayang dan rahmat. Sesungguhnya yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berfikir." (QS: Ar-Rum: 21).

Berikut beberapa ucapan pernikahan Islam untuk sahabat, adik ataupun kerabat dekat lainnya. Ucapan pernikahan Islam singkat ini juga memiliki makna mendalam dan terselip doa di dalamnya. Yuk, lihat!

1. Luruskan niat baikmu, agar dengan izin Allah perjalanan kemudian akan semakin baik. Jadikanlah niat menikah untuk ibadah dan mengikuti sunnah Rasulullah SAW. Semoga pernikahan kalian menjadi pernikahan yang Sakinah, Mawaddah dan Warahmah serta selalu dinaungi petunjuk Allah dalam setiap langkahnya.

2. Selamat menikah, semoga Allah SWTmenyempurnakan kebahagiaan kalian berdua dan menyempurnakan ibadah kalian, serta memberikan petunjuk setiap keputusan dalam hidup berumah tangga.

3. Sahabatku, selamat atas pernikahan kalian yang berjalan dengan sempurna. Semoga kelak kalian menjadi pasangan yang harmonis, pasangan yang akan dikaruniai keberkahan yang banyak. Dan semoga dikaruniai anak-anak yang saleh dan salehah sehingga menyempurnakan kebahagiaan kalian.

4. Selamat menikah sahabatku. Kini kamu sudah menempuh jalan hidup barumu dengan seseorang yang telah Allah SWT anugerahkan kepadamu. Semoga rahmat Allah senantiasa dilimpahkan kepada kalian, menjadikan kalian semakin bersyukur, bahagia, dan semoga pintu-pintu rezeki dibukakan untuk kalian. Aamiin.

5. Menikah bukanlah untuk mencari bahagia, melainkan ibadah. Bahagia hanyalah sebagian dari berkah pernikahan. Jika kalian memasuki pernikahan dengan iman, artinya kalian sedang melepas jangkar untuk mengarungi samudera pernikahan dan siap untuk berlabuh di surga. Barakallahu laka.

6. 'Barakallahu lakum wa baraka alaikum', artinya "Semoga Allah memberi kalian keberkahan dan melimpahkan atas kalian keberkahan."

7. 'Baarakallahu laka wa baaraka 'alaika wa jama'a bainakumaa fi khoir', artinya "Semoga Allah senantiasa memberkahimu dalam keadaan mudah dan dalam keadaan sulit, serta mengumpulkan kalian berdua senantiasa dalam kebaikan."

8. Kesedihan dan kegembiraan ketika masa-masa kalian belum menikah, sesungguhnya bukanlah apa-apa. Namun, setelah ijab qobul, seutuhnya rasa gembira dan duka akan menjadikan kalian semakin kuat dan dewasa. Selamat menikmati kejutan-kejutan dalam pernikahan kalian. Selamat menikah!

9. Selamat menikah, semoga Allah SWT menyempurnakan kebahagiaan kalian dan menjadikan pernikahan kalian sebagai ibadah kepada-Nya.

10. Pernikahan merupakan awal baru dalam kehidupan dan awal dari sebuah kebersamaan serta kebahagiaan. Selamat menempuh hidup baru Sahabatku, semoga Allah SWT selalu menjaga pernikahan kalian di setiap langkahnya.

11. Pernikahan selalu membuat seseorang jauh lebih dewasa. Membuat orang tahu bahwa hidup itu tidak hanya satu warna, tetapi dua warna. Selamat menempuh hidup baru. Barakallahu lakum wa baraka alaikum.

Dari banyaknya ucapan pernikahan Islam singkat tadi, kamu juga bisa menambah beberapa kalimat yang sesuai dengan doa kamu untuk sahabat atau kerabat yang sedang menikah.



Simak Video "3 Juta Wanita Korsel Hidup Sendiri, Tak Terlalu Pikirkan Pernikahan"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/erd)