Ayat-ayat Tentang Wanita yang Diciptakan dari Tulang Rusuk Pria

Rosmha Widiyani - wolipop Rabu, 18 Mar 2020 05:30 WIB
Cincin pernikahan Foto: Shutterstock/Ayat-ayat Tentang Wanita yang Diciptakan dari Tulang Rusuk Pria
Jakarta -

Di lingkungan masyarakat, kalimat wanita diciptakan dari tulang rusuk pria kerap kali terdengar. Jika pria dan wanita berjodoh kerap dikatakan sudah menemukan tulang rusuk yang hilang.

Meski sering terdengar dan diterima secara umum, benarkah wanita diciptakan dari tulang rusuk pria? Apakah keistimewaan dari tulang rusuk, hingga wanita diciptakan tubuh tersebut?

Kalimat wanita diciptakan dari tulang rusuk pria berawal dari hadits shahih yang diceritakan Abu Huraira. Hadits tersebut memerintahkan muslim untuk selalu berlaku baik pada wanita.

مَنْ كَانَ يُؤْمِنُ بِاللَّهِ وَالْيَوْمِ الآخِرِ فَإِذَا شَهِدَ أَمْرًا فَلْيَتَكَلَّمْ بِخَيْرٍ أَوْ لِيَسْكُتْ وَاسْتَوْصُوا بِالنِّسَاءِ فَإِنَّ الْمَرْأَةَ خُلِقَتْ مِنْ ضِلَعٍ وَإِنَّ أَعْوَجَ شَىْءٍ فِي الضِّلَعِ أَعْلاَهُ إِنْ ذَهَبْتَ تُقِيمُهُ كَسَرْتَهُ وَإِنْ تَرَكْتَهُ لَمْ يَزَلْ أَعْوَجَ اسْتَوْصُوا بِالنِّسَاءِ خَيْرًا

Artinya: "Kepada yang percaya Allah SWT dan hari akhir, jika kamu menyaksikan sesuatu maka bicarakan yang baik tentang hal tersebut atau diam. Bersikap baiklah pada wanita, karena dia diciptakan dari tulang rusuk. Bagian tulang rusuk yang paling bengkok ada di atas. Jika kamu berusaha meluruskannya maka dia akan patah, dan bila dibiarkan maka bengkok tetap di sana. Sehingga bersikap baiklah pada wanita." (HR Muslim).

Dalam ayat Al-Qur'an, Allah SWT telah menjelaskan bagaimana dia menciptakan manusia. Hanya atas izinNya, pria dan wanita bisa hidup dan menjalankan tugasnya sebagai pemimpin di bumi.

Dalam Al-Qur'an surat Ali 'Imran ayat 59 yang menjelaskan proses penciptaan manusia.

إِنَّ مَثَلَ عِيسَىٰ عِندَ ٱللَّهِ كَمَثَلِ ءَادَمَ ۖ خَلَقَهُۥ مِن تُرَابٍ ثُمَّ قَالَ لَهُۥ كُن فَيَكُونُ

Arab latin: Inna maṡala 'īsā 'indallāhi kamaṡali ādam, khalaqahụ min turābin ṡumma qāla lahụ kun fa yakụn

Artinya: "Sesungguhnya misal (penciptaan) Isa di sisi Allah, adalah seperti (penciptaan) Adam. Allah menciptakan Adam dari tanah, kemudian Allah berfirman kepadanya: "Jadilah" (seorang manusia), maka jadilah dia."

Kuasa Allah SWT dan bahan utama penyusun manusia juga dijelaskan dalam firmanNya surat Shad ayat 71.

إِذْ قَالَ رَبُّكَ لِلْمَلَٰٓئِكَةِ إِنِّى خَٰلِقٌۢ بَشَرًا مِّن طِينٍ

Arab latin: Iż qāla rabbuka lil-malā`ikati innī khāliqum basyaram min ṭīn

Artinya: "(Ingatlah) ketika Tuhanmu berfirman kepada malaikat: "Sesungguhnya Aku akan menciptakan manusia dari tanah".

Sementara dalam surat An-Nisa ayat 1, Allah SWT menjelaskan telah menciptakan manusia dengan pasangannya. Laki-laki dan perempuan yang berpasangan kemudian melahirkan manusia lainnya.

يَٰٓأَيُّهَا ٱلنَّاسُ ٱتَّقُوا۟ رَبَّكُمُ ٱلَّذِى خَلَقَكُم مِّن نَّفْسٍ وَٰحِدَةٍ وَخَلَقَ مِنْهَا زَوْجَهَا وَبَثَّ مِنْهُمَا رِجَالًا كَثِيرًا وَنِسَآءً ۚ وَٱتَّقُوا۟ ٱللَّهَ ٱلَّذِى تَسَآءَلُونَ بِهِۦ وَٱلْأَرْحَامَ ۚ إِنَّ ٱللَّهَ كَانَ عَلَيْكُمْ رَقِيبًا

Arab latin: Yā ayyuhan-nāsuttaqụ rabbakumullażī khalaqakum min nafsiw wāḥidatiw wa khalaqa min-hā zaujahā wa baṡṡa min-humā rijālang kaṡīraw wa nisā`ā, wattaqullāhallażī tasā`alụna bihī wal-ar-ḥām, innallāha kāna 'alaikum raqībā

Artinya: "Hai sekalian manusia, bertakwalah kepada Tuhan-mu yang telah menciptakan kamu dari seorang diri, dan dari padanya Allah menciptakan isterinya; dan dari pada keduanya Allah memperkembang biakkan laki-laki dan perempuan yang banyak. Dan bertakwalah kepada Allah yang dengan (mempergunakan) nama-Nya kamu saling meminta satu sama lain, dan (peliharalah) hubungan silaturrahim. Sesungguhnya Allah selalu menjaga dan mengawasi kamu."

Tulang rusuk dikatakan sebagai cara menjelaskan karakter wanita yang unik. Dalam situs Indiana University yang memuat tulisan dari Yusuf Al-Qaradawi, wanita memang diciptakan berbeda namun bisa melengkapi pria. Sama seperti pria yang melengkapi keberadaan seorang wanita.

Tulisan berjudul The Status of Women in Islam tersebut mengingatkan, kelebihan dan kekurangan bukan untuk merendahkan salah satunya. Perempuan dan laki-laki punya kedudukan yang sama di depan Allah SWT. Jika mengerjakan perbuatan baik, keduanya berhak mendapat balasan seimbang seperti dijelaskan dalam surat An-Nahl ayat 97.

مَنْ عَمِلَ صَٰلِحًا مِّن ذَكَرٍ أَوْ أُنثَىٰ وَهُوَ مُؤْمِنٌ فَلَنُحْيِيَنَّهُۥ حَيَوٰةً طَيِّبَةً ۖ وَلَنَجْزِيَنَّهُمْ أَجْرَهُم بِأَحْسَنِ مَا كَانُوا۟ يَعْمَلُونَ

Arab latin: Man 'amila ṣāliḥam min żakarin au unṡā wa huwa mu`minun fa lanuḥyiyannahụ ḥayātan ṭayyibah, wa lanajziyannahum ajrahum bi`aḥsani mā kānụ ya'malụn

Artinya: Barangsiapa yang mengerjakan amal saleh, baik laki-laki maupun perempuan dalam keadaan beriman, maka sesungguhnya akan Kami berikan kepadanya kehidupan yang baik dan sesungguhnya akan Kami beri balasan kepada mereka dengan pahala yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan.

Dikutip dari healthline, rib bone punya karakter berbeda dibanding tulang lain dalam tubuh. Jika kebanyakan berbentuk lurus, maka tulang ekor benar-benar bengkok hingga memutari tubuh. Dengan keunikannya inilah, tulang rusuk bisa berfungsi dengan baik.

Tulang rusuk menjadi pelindung berbagai organ penting dalam tubuh manusia, misal jantung dan paru-paru. Tulang rusuk juga memberi bentuk yang baik pada atas tubuh manusia bagian atas. Meski terpasang menyambung antara dada dan punggung, tulang rusuk masih menyediakan ruang bagi paru-paru untuk mengembang atau mengempis maksimal saat bernapas.

Manusia memiliki 12 pasang dengan total 24 tulang rusuk untuk pria dan wanita. Tulang rusuk pria tidak lebih banyak daripada wanita atau sebaliknya. Dengan jumlah yang sama dan bentuk yang bengkok inilah, tulang rusuk bisa berfungsi maksimal bagi tubuh manusia. Usaha yang memaksa tulang rusuk untuk lurus, berisiko menimbulkan cedera atau patah hingga kehilangan fungsinya.



Simak Video "Kreatif Abis! Jam dari Tulang Sapi"
[Gambas:Video 20detik]
(row/erd)