Lika-liku perceraian

Estimasi Waktu dan Biaya Mengurus Perceraian Pakai Pengacara

Gresnia Arela Febriani - wolipop Senin, 03 Feb 2020 17:32 WIB
Ilustrasi menikah Ilustrasi pasangan suami istri yang hendak mengakhiri pernikahan. Foto: iStock
Jakarta -

Menyerahkan kuasa kepada pengacara, bisa jadi pilihan pasangan yang ingin mengakhiri pernikahan atau bercerai. Berapa lama waktu dan biaya yang dibutuhkan saat mengurus perceraian dengan bantuan pengacara?

Menurut pengacara yang kerap menangani perceraian, Ryan Lucky Bahara Pasaribu, S.H. lama atau tidaknya perkara cerai tergantung pada tingkat kerumitan dalam masalah rumah tangga tersebut. Misalnya saja apakah pihak yang menggugat juga mengajukan gugatan hak asuh dan harta gono-gini atau tidak. Jika hanya gugatan cerai saja pastinya prosesnya lebih cepat dibandingkan cerai dengan tambahan dua gugatan lainnya.

"Misalnya harta gono gini, suaminya bekerja dan istrinya tidak. Harta perkawinan itu ketika tidak ada perjanjian di awal, harta yang didapat selama perkawinan harus dibagi dua," ujar pria yang merupakan Founding Partner di SOB Law Firm Jakarta itu saat berbincang dengan Wolipop baru-baru ini.

Estimasi Waktu dan Biaya Mengurus Perceraian Pakai PengacaraIlustrasi pasangan suami istri yang sedang menghadapi masalah. Foto: iStock


Berdasarkan pengalamannya, proses perceraian biasanya memakan waktu 4-6 bulan. Namun semuanya kembali lagi tergantung pada rumit atau tidaknya proses perceraian tersebut.

"Kalau sudah sama-sama sepakat bercerai dan salah satu pihak tidak hadir dalam perceraian sejak awal, itu akan diputuskan cepat," ucapnya.

Untuk masalah tarif atau biaya, menurut Ryan, sama seperti waktu perceraian, perkirannya tergantung tingkat kesulitan dan kerumitan masalah yang terjadi dalam rumah tangga tersebut.

"Kalau biayanya kita lihat permasalahannya bagaimana? Bisa disatukan atau tidak? Langkah-langkah apa saja yang harus kita ambil? Karena proses hubungan antar keluarga itu kalau mau cerai itu beda-beda case per casenya. Apakah sulit atau tidak? Tetapi kita akan maksimal untuk menyelesaikan permasalahan ini. Karena langkah-langkah yang akan diambil itu kan banyak," jelasnya.

Ryan mengatakan estimasi biaya pengacara dalam menangani kasus perceraian sekitar Rp 25-100 juta. Namun ditegaskannya, biaya tersebut kembali lagi melihat seberapa rumit kasus perceraian yang dihadapi.

"Kalau secara aturan harga itu lawyer tidak ada yang mengatur. Bagaimana proses pendekatannya, peliknya masalah itu, berapa lama butuh waktunya? Harga juga terkait dengan tingkat kesulitan dan permasalahan apa yang mau diselesaikan, karena terkadang perceraian bukan masalah perceraian di pengadilannya saja, tapi juga mengenai langkah-langkah yang akan diambil sebelum, dan sesudah proses peradilannya," ungkapnya.

Ia menjelaskan bahwa pada dasarnya seseorang bisa untuk mengajukan sendiri sebagai principal dalam setiap perkara hukum atau kasus perceraian. "Akan tetapi fungsi dari lawyer itu pada dasarnya untuk memperjelas proses beracaranya dan agar tidak ada langkah salah yang diambil. Jadi secara singkat, penguasaan hukum acara, ilmu dan waktu itu yang harus dibayar. Kalau untuk kehadiran itu bisa sendiri tidak perlu pakai pengacara," pungkasnya.



Simak Video "Nekat! Momen Dramatis Pasangan Menikah Dekat Gunung Meletus"
[Gambas:Video 20detik]
(gaf/eny)