Pengalaman Mengurus Perceraian dengan Pengacara

Kiki Oktaviani - wolipop Senin, 03 Feb 2020 15:51 WIB
ilustrasi pasangan Foto: Thinkstock
Jakarta -

Perceraian menjadi jalan terakhir ketika masalah rumah tangga tidak memiliki titik temu. Tapi terkadang pasangan tak punya banyak waktu untuk mengurus cerai, belum lagi menjalani sidang cerai yang memakan waktu.

Proses perceraian sendiri bisa ditempuh lebih mudah jika dibantu dengan jasa pengacara. Seperti pengalaman Via yang memutuskan bercerai dan memakai jasa pengacara.


Rencana awal Via tidak menggunakan pengacara, namun karena proses perceraian yang cukup rumit dan saat itu sang suami berdomisili di Surabaya (Via di Jakarta) membuatnya memutuskan menggunakan jasa pengacara.

"Saat itu mantan suami berada di luar kota. Kalau mengurus sendiri rasanya rumit karena mantan tidak bisa mengikuti sidang. Belum lagi ternyata harus mengurus legalisir terlebih dahulu di kantor pos pusat. Saya memutuskan untuk menggunakan jasa pengacara," ujar wanita 32 tahun itu kepada Wolipop baru-baru ini.

Lewat pengacara, Via tidak perlu mendaftar cerai di pengadilan agama dan melakukan legalisir. Semuanya sudah diurus pengacara. Pengacara yang mencatat permasalahan rumah tangga kemudian memberikan berkasnya ke pengadilan agama.

Surat panggilan sidang cerai pertama dikirimkan seminggu setelah pengacara memasukkan berkas cerai ke pengadilan agama. Diungkapkan Via, proses sidang dilakukan setelah dua minggu dari datangnya surat panggilan sidang.


"Saat sidang pertama, saya ditemani oleh pengacara di ruang sidang. Saat ditanya-tanya oleh hakim tidak sampai 10 menit. Mungkin ini juga yang menjadi kelebihan menggunakan pengacara," kata Via.

"Sidang kedua saya tidak perlu hadir. Sidang ketiga saya mendatangkan saksi dari yang saat itu adalah ibu dan kakak ipar saya," tambah Via.

Setelah itu, Via tidak perlu lagi menghadiri sidang dan hanya menunggu akte cerai keluar. Akte cerai tersebut keluar setelah empat bulan dari mendaftar perceraian.

Perceraian Via dan mantan suami terbilang tidak ada kendala yang berarti karena sudah sama-sama sepakat untuk bercerai. Hal ini pula yang memudahkan dan mempercepat proses perceraian dan lagi ada bantuan dari jasa pengacara. Untuk biaya, Via membayar pengacaranya Rp 10 juta. Biaya tersebut sudah termasuk pengambilan akte perceraian.




Simak Video "Hasil Studi Tunjukkan 5 Tahun Awal Pernikahan Masa Tersulit"
[Gambas:Video 20detik]
(kik/kik)
DRoofTalk
×
Gaduh Kerajaan Galuh
Gaduh Kerajaan Galuh Selengkapnya