Inilah Contoh Rincian Biaya Pernikahan

Gresnia Arela Febriani - wolipop Sabtu, 30 Nov 2019 14:03 WIB
Menentukan anggaran biaya pernikahan jadi hal krusial dalam daftar persiapan pernikahan. Berikut contoh rincian biaya pernikahan untuk panduan calon pengantin. (Foto: iStock) Menentukan anggaran biaya pernikahan jadi hal krusial dalam daftar persiapan pernikahan. Berikut contoh rincian biaya pernikahan untuk panduan calon pengantin. (Foto: iStock)

Jakarta - Menentukan biaya pernikahan menjadi hal krusial dalam daftar persiapan pernikahan. Menentukan budget berada dalam tahapan persiapan pernikahan setelah memilih tanggal dan tema agar calon pengantin bisa memilih venue dan vendor sesuai budget mereka.

Menurut Fitri Permana selaku pendiri wedding organizer Dua Organizer, ada juga pengantin yang menentukan perhitungan biaya pesta nikah terlebih dahulu baru memilih tema atau konsep pernikahan mereka. "Tentunya untuk menghindari 'besar pasak daripada tiang' setelah pesta berlalu. Pastinya kamu ngga mau kan selesai acara pernikahan tetapi masih kelilit utang," kata Fitri.


Inilah Contoh Rincian Biaya PernikahanFoto: iStock
Bagi calon pengantin yang menggunakan jasa wedding organizer, Artha M. Soeharto, Chief Marketing Officer dari Aku Wedding menyarankan pasangan sebaiknya terbuka kepada pihak WO soal budget.

"Ada yang seterbuka itu sama WO, dimana dia meminta gue punya budget misalnya Rp 800 juta dia minta all in semuanya. Bisa dibantukah supaya bisa mendapatkan vendor terbaik. Masalah pembayaran kita yang akan terjun di dalamnya," kata Artha saat ditemui Wolipop di kantornya di Jalan Deposito, Pejaten, Pasar Minggu, Jakarta Selatan.


Inilah Contoh Rincian Biaya PernikahanFoto: Dok. iStock

Namun kata Artha, ada juga calon pengantin yang tidak mau menjelaskan detail bujetnya karena hal itu sensitif. "Ketika ngomongin budget biasanya solusi yang kita tawarin itu menyiapkan package yang sudah all in sama kebutuhan para penganten. Itu untuk memudahkan mereka," katanya.

Agar lebih memudahkan kamu para calon pengantin berikut ini contoh rincian anggaran biaya pernikahan yang bisa kamu gunakan sebagai panduan dalam membuat budget;

- 60% biaya resepsi pernikahan (mencakup penyewaan tempat resepsi, catering, kue pengantin, bunga dan dekorasi, serta biaya tak terduga)

- 10% biaya busana pengantin

- 10% biaya MC dan hiburan

- 10% biaya dokumen foto dan video

- 3% biaya undangan dan suvenir

- 2% biaya keperluan upacara pernikahan atau akad nikah

- 2% biaya cincin kawin dan mahar

- 1% biaya transportasi, dan

- 2% biaya tak terduga

Sebagai catatan tambahan, dari budget untuk keperluan resepsi, budget yang harus dipersiapkan untuk keperluan catering (makanan dan minuman), adalah 35% dari dana pesta. Dari budget tersebut, dialokasikan lagi 15-20% budget untuk makanan pondokan atau gubukan dan 3-5% untuk kue pengantin atau snack (kue-kue ringan). Sehingga untuk pesta dengan konsep buffet, persentasenya harus lebih banyak.



Simak Video "Unik! Pengantin Baru Ini Abadikan Momen Pernikahan di Bawah Laut"
[Gambas:Video 20detik]
(dtg/dtg)