Fenomena Nikah Murah Vs Nikah Ngutang

Gresnia Arela Febriani - wolipop Sabtu, 16 Nov 2019 08:00 WIB
Riza Adrian dan suami, pasangan yang viral karena menggelar pernikahan dengan budget murah.Foto: Twitter @rizaasz Riza Adrian dan suami, pasangan yang viral karena menggelar pernikahan dengan budget murah.Foto: Twitter @rizaasz

Jakarta - Pernikahan murah atau hemat kini semakin banyak diadakan oleh pasangan pengantin. Namun di sisi lain tak sedikit juga pasangan yang sampai ngutang demi mengadakan pesta pernikahan.

Cerita pernikahan murah yang baru-baru ini pernah viral datang dari wanita bernama Riza Adrian Soedardi. Melalui akun Twitternya @rizaasz, wanita yang menggelar pernikahan di Yogyakarta itu mengungkapkan ceritanya bagaimana bisa menggelar pernikahan dengan biaya tak sampai Rp 25 juta, namun tetap meriah. Mulai dari lokasi pemilihan tempat, daftar undangan, tamu, pakaian, souvenir hingga makanan di resepsi pernikahannya dijelaskan Riza secara gamblang di cuitan yang telah disukai 20 ribu lebih pengguna Twitter itu.

"Meskipun konsep ndakik-ndakik, budget kami ditekan banget agar tetap realistis dan habis nikahan bisa hidup. Kami ikhlas di angka 25 juta. Dengan duit segitu risetlah kami ke semua wedding package/pax yg ditawarkan resto dan hotel," demikian cuit Riza.



Selain Riza, masih ada kisah-kisah viral lainnya mengenai pasangan pengantin yang bisa menggelar pernikahan tanpa menghabiskan banyak biaya. Menurut perencana keuangan Bareyn Mochaddin, saat ini memang semakin banyak generasi milennial yang sadar untuk tidak menghambur-hamburkan uang hanya untuk membuat pesta pernikahan yang mewah.

Fenomena Nikah Murah Vs Nikah NgutangFoto: iStock


"Semakin ke sini orang itu semakin sadar bahwa esensi pernikahan adalah setelah resepsi. Tidak hanya tentang hari H pernikahan. Karena sudah banyak kasus orang yang susah nikahnya di gedung mewah, misalnya Ritz Carlton habis itu malah ngontrak? Kan gak masuk akal?" ujar Bareyn saat berbincang dengan Wolipop di Pacific Place, Jakarta, belum lama ini.

Meski semakin banyak pasangan yang sadar untuk mengadakan pernikahan sederhana, tetap ada mereka yang memilih menggelar resepsi dengan mewah. Hal ini pun diakui Bareyn. Apalagi di Indonesia sudah menjadi sebuah kelaziman pesta pernikahan harus mengundang ratusan orang dari mulai keluarga, tetangga hingga mereka yang tinggal di luar kota.

Yang menjadi permasalahan saat pesta pernikahan meriah ini menjadi pilihan adalah budget. Pastinya saat jumlah tamu undangan mencapai ratusan, pasangan pengantin harus mengeluarkan biaya yang tidak sedikit. Belum lagi kini juga ada tren dekorasi pernikahan Instagramable. Pasangan pun seolah berlomba-lomba menghadirkan dekorasi menarik di pernikahan mereka.

Masalah berikutnya hadir saat pesta pernikahan meriah ini dipilih ketika pasangan terpaksa ngutang demi mewujudkan resepsinya itu. Pasangan pengantin yang berutang demi mengadakan resepsi nikah ini pernah dialami oleh vendor foto pernikahan dengan nama akun Instagram @aspherica.

"Setelah tuga tahun berdiri, ada 2 klien yang mengutang. Biasanya yang bayar pakai angpao," ujar pemilik Aspherica Photo, Noviansyah Dimas Saputra.

Bagaimana jika angpau ini tidak bisa menutup biaya pernikahan yang harus dibayarkan setelah pesta? Apakah memang angpau bisa jadi andalan untuk menyelesaikan semua budget pernikahan yang sebelumnya harus ngutang terlebih dahulu? Simak terus liputan khusus Wolipop: Nikah Murah vs. Nikah Ngutang.





Simak Video "Mantap! Limbah Paralon Disulap Jadi Miniatur Kereta"
[Gambas:Video 20detik]
(eny/eny)