Cara Praktis Membuat Label Undangan Pernikahan

Rizky Wika Shintya Devi - wolipop Minggu, 27 Okt 2019 08:33 WIB
Cara membuat undangan pernikahan. Foto: Dok. iStock Cara membuat undangan pernikahan. Foto: Dok. iStock

Jakarta - Urusan persiapan pernikahan dari mulai hal kecil hingga hal besar harus dipersiapkan dengan baik. Salah satu hal penting yang perlu disiapkan adalah undangan. Cara membuat label undangan rupanya masih menjadi permasalahan karena jumlahnya yang banyak.

Meski sering disepelekan, persiapan label undangan ternyata cukup menyita waktu . Dengan mengetahui cara praktis membuat label undangan, kamu bisa menerapkannya pada semua jenis undangan. Tertarik untuk mencoba sendiri?



Berikut ini cara membuat label undangan yang dirangkum detikcom :

1. Daftar Undangan

Langkah pertama yang harus disiapkan adalah dengan membuat daftar undangan, seperti nama tamu dan alamat. Cara membuat label undangan dengan excel, yaitu buatlah tabel dengan 2 kolom baris berisi Nama dan Alamat para tamu undangan. Lalu, simpan file excel di data laptop atau komputer.


2. Ukuran Kertas Label

Hal terpenting yang harus dilakukan selanjutnya adalah mengatur ukuran kertas label di microsoft word. Umumnya, terdapat dua ukuran berbeda tergantung pada jenis merek label. Cara membuat label undangan 103 (merek tom and jerry) dengan cara membuat label undangan 121 (merek fox) hampir sama, perbedaannya hanya terletak pada ukuran label tiap merek.

Di tahap ini, perlu menggunakan penggaris untuk mengukur panjang dan lebar kertas label yang akan digunakan.

Selanjutnya, cara membuat label undangan di word dengan buka menu Mailings > Start Mail Merge > Labels. Lalu, pilih New Label dan masukkan angka-angka dari ukuran label tersebut ke rincian Label Details.

Berikut ini istilah-istilah yang akan muncul dalam kotak label details:

Top Margin: Jarak antara bagian atas label dengan bagian atas kertas

Side Margin: Jarak antara bagian samping label dengan bagian samping kertas

Vertical Pitch: Jarak lebar label ditambah margin antar label

Horizontal Pitch: Jarak panjang label ditambah margin antar label

Label Height: Lebar label

Label Width: Panjang label

Number Across: Banyaknya label secara mendatar

Number Down: Banyaknya label secara menurun

Untuk mengubah satuan ukuran , bisa dengan menggantinya ke File > Options > Advanced > Display > Show Measurements In Unit Of. Pilih milimeters atau centimeters.


3. Masukkan Daftar Undangan ke Label

Setelah mengatur ukuran label, maka akan muncul tampilan blok label. Untuk menampilkan garis supaya terlihat jelas, bisa klik tanda kress di pojok kiri atas lalu pilih Border and Shading. Hal tersebut untuk memperjelas tampilan tabel yang telah dibuat dengan berbentuk kotak-kotak sesuai ukuran label.

Lalu pilih tab Mailings > Recepient > Use Existing List. Pilih file Excel (daftar nama undangan dan alamat) yang sudah kamu buat tadi. Setelah itu, pilih tab Insert Merge Field yang akan memunculkan Nama dan Alamat.

Format cara membuat label undangan pada tampilan Nama dan Alamat bisa kamu rapihkan dengan membuat tulisan menjadi rata tengah.

Sebelum mencetak hasilnya, ada baiknya kamu pilih menu Preview Results untuk mengecek hasil label undangan.


4. Mencetak Label Undangan

Tahap selanjutnya ialah menghilangkan terlebih dahulu garis yang berada di tepi label. Caranya sama seperti dengan cara memunculkannya.

Lalu, pilih tab Mailings > Finish and Merge > Print Documents.Selanjutnya, akan muncul tiga pilihan untuk mencetak dokumen (All, Current Record dan From-To). Pilih sesuai kebutuhanmu ya.

Selanjutnya akan ada tampilan berupa User-Defined Paper Size sesuai dengan ukuran kertas label yang kamu gunakan. Nah, label undangan siap untuk dicetak dan siap untuk ditempel pada tiap undangan.






Simak Video "'Singles Day', Perayaan untuk Jomblo yang Munculkan Diskon Belanja Online 11.11"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/erd)