Viral, Cara Bikin Pesta Pernikahan Sederhana Modal Rp 30 Juta

Gresnia Arela Febriani - wolipop Selasa, 17 Sep 2019 17:29 WIB
Pesta pernikahan sederhana modal tak sampai Rp 30 juta. Foto: twitter Allya Vianarizha Y. @allyavyn Pesta pernikahan sederhana modal tak sampai Rp 30 juta. Foto: twitter Allya Vianarizha Y. @allyavyn

Jakarta - Pesta pernikahan pada umumnya menghabiskan biaya hingga lebih dari Rp 50 juta dan dihadiri ratusan undangan. Namun berbeda dengan pasangan pengantin asal Serang, Banten yang viral ini. Keduanya bisa menggelar pesta pernikahan yang sangat sederhana dengan modal tak lebih dari Rp 30 juta.

Pasangan pengantin baru yang viral itu adalah Mas Ayu Alia Syarifiah dan suaminya, Tengku Noval Rizky. Acara pernikahan keduanya viral di Twitter setelah adik Alia, Allya Vianarizha membuat thread tentang pernikahan sederhana sang kakak tercinta.

"Mau cerita tentang nikahan tetehku yang super simple tapi tamu semua seneng. A thread? Hahahaha," tulis Twitter @allyavyn.

Thread @allyavyn ini mendapat banyak pujian dan komentar dari warga net. Kini postingan tersebut sudah mendapatkan 22,6 ribu Likes, 8,1 ribu Retweet dan 736 komentar.

"Pengen banget nikahan santuuyy kaya gini tapi yagituu resikonya kudu ngadepin lambe-lambene tetangga beserta keluarga dan relasinya yang gengsi bin juliiidd haha," kata pengguna Twitter @diniharmiati.

"Cita-citaku nikah seperti ini, apalah daya ortuku malah gengsi sama teman-temannya. Padahal kalau gini bener-bener sakral jadinya," kata @xx_hyookynn_xx.

"Gue malah pernah ngerencanain nikahan.pas bulan puasa biar gada prasmanan," kata @diduseemybrain.



Dalam threadnya itu Allya Vianarizha menceritakan dengan detail bagaimana sang kakak bisa menggelar pernikahan dengan tidak memakan budget yang besar. Berikut rincian yang ditulis Allya sehingga pernikahan kakaknya biayanya tak sampai Rp 30 juta:

1. Undangan sebagian dikirim lewat WhatsApp

Dalam berbentuk foto dan broadcast serta location Google Map. Selain menghemat ongkos cetak, dikasih locationnya yang akurat jadi kita tinggal klik terus ikutin directionnya.

Ibu Allya sempat protes bilang,"Kok gak lewat jne atau pos sih? Kan murah. Gak pantes banget ngirim lewT whatsapp doang?". Lalu Allya menjawab,"Yaaaa gue jelaskan baik-baik. Itu namanya mengehemat budget. Nyatak 100 lembar undangan dan ngirim ke >50 alamat apa tidak tekor ngebayarin ongkir?"

Terusssss undangan yang sudah dikirim hanya berujung jadi sampah kan? Setelah gue jelasin itu, nyokap setuju dan nyampein penjelasan gue ke beberapa sodara yang complain kenapa undangannya dikirim via whatsapp #proud.

2. Tamu undangan hanya 100 orang

Jadi yang diundang itu kurang lebih ini:
- keluarga besar ayahnya teteh
-keluarga besar ibunya teteh
-keluarga besar ayahnya mas
-keluarga besar ibunya mas
-1 temen deketnya teteh
-2 temen deket kakaknya teteh

"Jadi benar-benar saudara semuanya pada kenal, dan semakin kenal dengan keluarga baru. Menyediakan prasmanan pun jadi enak memprediksi buat berapa porsi. Malah tadi kelebihan, jadi sebagian dibawa sama tamu-tamu buat makan malem hahaha. Jadi gak mubazir kan?"

3. Tidak menggunakan jasa wedding organizer

Semua diatur sendiri. Letak bangku, prasmanan, booth buat foto. Bahkan h-1 akad aja sang kakak masih ribet ngurus ini itu berdua si mas sampe jam 23.00 wib.

4. Kebaya Sewa dan Beli Souvernir yang Bermanfaat

Kebaya nyewa dan souvenir yg manfaatnya longterm. 30 menit sebelum akad teteh gue malah bingung "ini yg buat akad yg mana yak kebayanya?" LHAAA dia yang mau akad dia yg lupa! Wkwkwkwk. Kebayang gak kalo beli? Udah lupa yang mana kebayanya, abis itu cuma sekali pake. Kebaya buat gue juga nyewa, disewain karena gue diminta jadi penerima tamu. Soalnya sepupu yang masih cocok (alias paling kecil) tinggal gue sama adek guee hahaha. Dan yg disewain seragaman itu cuma keluarga inti aja sebenernya.

Lalu souvenir! Souvenirnya bros buat kerudung. Ada 7 apa 8 warna gitu, gue sediain aja di meja 2 tumpuk setiap warna. Biar tamu bisa leluasa milih mau warna apa yg mereka suka. "Aku tosca ya mba, bagus netral ke semua kerudung" "Wah ini ada warna pink, matching sama kerudungmu."

5. Tidak ada organ tunggal

Dah ni demen bgt gua! Wkwkwk. Musiknya cuma nyetel dari spotify disambungin ke speaker. Lagu-lagunya juga yang enak didengar, seperti kahitna, maliq & d'essentials, dan lagu-lagu romance lainnya yang enak di dengar.

Viral, Cara Bikin Pesta Pernikahan Sederhana Modal Rp 30 JutaFoto: twitter Allya Vianarizha Y. @allyavyn


Pada threadnya di Twitter tersebut, Allya pun mengungkapkan biaya yang dikeluarkan kakaknya untuk pesta pernikahan. "Ayah juga nanya 'kak, acara segitu 30jt ada gak ya?' 'Ya palingan juga gak nyampe lah 50jt mah. Sederhana gitu,' 'Yaa kamu contoh teteh tuh. Nikah nanti gausah keluar banyak uang, yang penting undang keluarga deket aja. Jangan mewah-mewah biar keliatan mampu padahal ngutang', " tulis Allya mengenang percakapannya dengan ayahnya..

Saat dikonfirmasi Wolipop, sang mempelai wanita, Mas Ayu Alia Syarifiah atau akrab disapa Alia juga mengatakan hal yang sama mengenai biaya resepsi pernikahannya. "Totalnya hanya menghabiskan Rp 30 juta saja," kata Alia Selasa (17/9/2019).



Simak Video "Saat Api Menari Mengikuti Alunan Musik"
[Gambas:Video 20detik]
(gaf/eny)