Bikin Baper, Perhatian Istri Sandiaga Uno Pada Suami Ternyata Bermanfaat Lho

Eny Kartikawati - wolipop Senin, 18 Mar 2019 12:33 WIB
Sandiaga Uno dan Nur Asia Uno. Foto: Dok. Instagram @nurasiauno Sandiaga Uno dan Nur Asia Uno. Foto: Dok. Instagram @nurasiauno

Jakarta - Tak sedikit netizen wanita mengaku baper melihat perhatian yang ditunjukkan istri Sandiaga Uno, Nur Asia, pada sang suami. Sikap romantis dan perhatian ini ternyata punya manfaat hebat untuk diri lho. Apa saja?

Para peneliti telah mempelajari kekuatan sebuah sentuhan, mulai dari memberikan sentuhan ringan, berpergangan tangan hingga memeluk. Sentuhan seperti yang dilakukan istri Sandiaga Uno pada sang suami menjelang debat Cawapres 2019, Minggu (17/3/2019) malam, menurut penelitian ternyata memiliki banyak manfaat.

"Kita sadar bahwa sentuhan memiliki kekuatan tersendiri," ujar Matthew J. Hertenstein, Ph.D., seorang profesor psikologi di Universitas DePauw, seperti yang dikutip dari MSN. Berikut beberapa manfaat yang didapat dari memberikan perhatian pada pasangan melalui sentuhan:

1. Sentuhan Membuat Tubuh Lebih Sehat

Saat pasangan merasa kurang sehat, usapkan tangan ke bagian punggung pasangan beberapa kali. Menurut penelitian yang dilakukan oleh Tiffany Field, Ph.D., seorang direktur Touch Research Institute di Universitas Miami, hal itu dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan merasa lebih fit.

Pada 2004, Universitas North Carolina di Chapel Hill, juga menemukan bahwa duduk berdua di atas satu alas dengan pasangan selama 10 menit akan menurunkan tekanan darah pada wanita pre-menopause. Penelitian tersebut juga mengatakan bahwa berpelukan dapat membuat denyut jantung lebih stabil. Tak hanya itu, sentuhan pun dapat mengurangi asma, migrain, serta membuat tidur lebih nyenyak.



Sandiaga Uno dan Nur Asia Uno.Sandiaga Uno dan Nur Asia Uno. Foto: Twitter Sandiaga Uno


2. Sentuhan Mengurangi Stres dan Menjernihkan Pikiran

Para peneliti dari Universitas Miami mengungkapkan bahwa seseorang yang sulit menyelesaikan soal matematika akan merasa lebih rileks, teliti, dan cepat selesai mengerjakannya setelah dipijat atau duduk di kursi pijat. Bahkan, atlet yang sering melakukan 'toss' atau 'high five' di sela pertandingan jauh lebih baik daripada tim yang tidak berinteraksi fisik sama sekali.

Dacher Keltner, Ph.D., seorang dari Universitas California, dan penulis buku 'Born to Be Good: The Science of a Meaningful Life' menyarankan, "Sentuhan yang baik bisa dilakukan dengan menepuk punggung, menjabat tangan, dan melayangkan tinju-tinju kecil di area lengan sambil bercanda."

Sandiaga Uno dan Nur Asia Uno.Sandiaga Uno dan Nur Asia Uno. Foto: Dok. Instagram @nurasiauno


3. Sentuhan Membuat Perasaan Lebih Nyaman

Para ilmuwan menemukan kalau kamu tidak perlu menyentuh orang lain untuk merangsang reseptor sensorik. Membuat secangkir kopi atau teh hangat untuk pasangan juga bisa menjadi pilihan lain yang bisa menimbulkan perasaan nyaman. Studi di Universitas Yale yang dilakukan oleh seorang psikolog sosial, John Bargh, Ph.D., menunjukan bahwa seseorang cenderung berpikir lebih tenang ketika memegang sesuatu yag hangat.

4. Sentuhan Mempererat Hubungan Asmara

"Sentuhan merupakan salah satu kunci menciptakan keluarga harmonis," tutur Hertenstein. Perkataannya ini diperkuat penelitian Kinsey Institute. Pada 2011, Kinsey Institute (peneliti sex, gender, dan reproduksi) mengadakan survei terhadap lebih dari 1.000 pasangan di lima negara tentang kekuatan sentuhan.

Survei tersebut menjelaskan bahwa pria usia 40-70 tahun merasa lebih intim dan bahagia dengan memeluk dan mencium pasangannya daripada berhubungan seks. Maka dari itu, sering memberikan pelukan dan ciuman kepada pasangan bisa melanggengkan hubungan. (eny/eny)