Pasangan Menikah 80 Tahun Cetak Rekor Dunia, Ini Rahasia Harmonis Mereka

Anggi Mayasari - wolipop Senin, 12 Nov 2018 14:08 WIB
Ilustrasi pasangan. Foto: thinkstock
Jakarta - Setiap orang tentu mendambakan bisa menjalani hari dan menua bersama pasangannya. Seperti yang terjadi oleh pasangan tua ini. Menjalani pernikahan lebih dari 80 tahun telah membuat pasangan Jepang ini menjadi pemegang rekor baru untuk pasangan suami istri tertua yang masih hidup.

Masao Matsumoto yang lahir pada 1910 menikahi Miyako Sonoda pada 1937. Setelah bersama selama lebih dari 80 tahun, pasangan ini memiliki lima anak perempuan, 13 cucu dan 25 cicit. Mereka pun secara resmi menjadi pasangan suami istri tertua.

Namun, hubungan panjang Masao dan Miyako yang mengesankan ini tidak selalu tanpa kesulitan. Keduanya lahir di Oita prefektur, Masao dan Miyako dikenalkan melalui seorang kenalan. Lalu apa yang membuat pernikahan Masao dan Miyako tetap awet?

Masao tak pernah bisa mengadakan pesta pernikahan karena saat itu Jepang sedang perang, dan ia pun dikirim ke luar negeri sebagai seorang prajurit. Namun, itu bukan halangan baginya untuk membina hubungan rumah tangga dan memiliki anak.



Masao dan Miyako raih rekor dunia sebagai pasangan tertua yang masih hidupMasao dan Miyako raih rekor dunia sebagai pasangan tertua yang masih hidup Foto: dok. Guinness World Records


Masao yang kini telah berumur 108 tahun dan istrinya, Miyako yang berusia 100 tahun telah dikukuhkan sebagai pasangan hidup tertua oleh Guinness World Records. Hubungan harmonis yang berhasil dijalani oleh pasangan ini pun rupanya buah dari kesabaran Miyako.

"Aku sangat senang. Terima kasih ini semua berkat kesabaran saya, sungguh. Saya sangat bersyukur karena itu membuat saya menangis," kata Miyako sambil tertawa seperti dilansir dari Reuters.



Sementara itu, putri mereka, Hiromi mengungkapkan bahwa penghargaan yang dicapai oleh orangtuanya merupakan suatu kehormatan bagi mereka yang telah berhasil menjalani hubungan rumah tangga yang awet selama lebih dari 80 tahun.

"Mereka telah memasuki babak terakhir dari kehidupan mereka. Merupakan suatu kehormatan (bagi mereka) untuk menerima penghargaan ini. Saya ingin mereka terus menjalani kehidupan yang damai," kata Hiromi.




Tonton juga 'Tips Wujudkan Pernikahan Impian Dengan Budget Minim':

[Gambas:Video 20detik]


Pasangan Menikah 80 Tahun Cetak Rekor Dunia, Ini Rahasia Harmonis Mereka
(agm/eny)