Ribuan Orang Inggris Tolak Biayai Pernikahan Mewah Putri Eugenie

Alissa Safiera - wolipop Minggu, 30 Sep 2018 10:41 WIB
Foto: Dok. Getty Images Foto: Dok. Getty Images

Jakarta -

Royal Wedding Inggris akan kembali dihelat tahun ini, yaitu pernikahan antara Putri Eugenie dan Jack Brooksbank 12 Oktober mendatang. Tentunya, akan ada banyak uang yang dihabiskan untuk membiayai pernikahan besar itu. Dan kini, warga Inggris ramai-ramai tanda tangan petisi untuk menolak membiayai pernikahan mewah yang memakai uang pajak masyarakat ini.
Pesta pernikahan mewah ini memakan biaya sampai 2 juta pound atau Rp 38 miliar hanya untuk keamanan saja. Biaya ini diambil dari pajak yang dibayar masyarakat.
Mengingat Putri Eugenie bukanlah anggota kerajaan di tahta teratas dan tidak bertugas seperti Pangeran William atau Harry, publik mulai menyatakan ketidaksetujuannya.
"Dia tak bertugas untuk publik, ayahnya merampasnya, dan kita membayar 2 juta poundsterling untuk pernikahannya yang 'royal'? Mereka adalah salah satu keluarga terkaya di Inggris, yang hidup dari negara. Dewasalah Putri, lihat kenyataan. Berhenti bergantung pada dongeng masa kecil," tulis user di Twitter bernama Yasmin.
"2 juta pound uang kita akan dipakai untuk keamanan di pernikahan Eugenie. Siapa Eugenie mungkin kamu akan tanya..dia adalah anak dari Air Mile Andy & Freebie Fergie. Jadi kencangkan sabukmu dan pergi menjauh. Roti, air dan bank makanan buat kamu," kritik warga lainnya.
Warga yang tidak terima, membuat petisi untuk menolak membiayai pernikahan sang putri Inggris. Petisi dimulai oleh Republic, sebuah kampanye untuk mengganti sistem pemerintah monarki dengan memilih Kepala Negara. Saat ini sudah 6 ribu orang yang setuju dengan petisi itu.
Putri Eugenie akan menikahi kekasihnya selama tujuh tahun, Jack Brooksbank pada bulan Oktober mendatang. Lokasi pernikahan pun sama dengan Pangeran Harry dan Meghan di bulan Mei lalu, yaitu di St. George's Chapel.



(als/ami)