Pentingnya Pernikahan Adat seperti Kahiyang Ayu Menurut Annisa Pohan

Daniel Ngantung - wolipop Kamis, 09 Nov 2017 07:38 WIB
Foto: Annisa Pohan (Instagram/detikHOT)
Solo - Pernikahan Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution yang berlangsung secara adat Jawa klasik mendapat pujian dari banyak orang, tanpa terkecuali Annisa Pohan. Menurut Annisa, pernikahan adat penting untuk melestarikan budaya.

Annisa bersama sang suami, Agus Harimurti Yudhoyono, dan mertuanya, Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono dan Ani Yudhoyono, ikut ambil bagian di hari penting Kahiyang dan Bobby itu sebagai tamu.
Pentingnya Pernikahan Adat seperti Kahiyang Ayu Bagi Annisa PohanFoto: Resepsi Pernikahan Kahiyang-Bobby. (ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha)

Mereka menyaksikan langsung detik-detik prosesi akad nikah yang digelar di Graha Saba Buana, Solo, Jawa Tengah, Rabu (8/11/2017) pagi. Sebelum akad, kedua pengantin diarak (kirab) dari tempat yang berbeda dengan kereta kencana.

"Alhamdulillah yah, masih bisa diberi kesempatan untuk menyaksikan langsung pernikahan putri Bapak Joko Widodo. Suatu kesempatan yang baik bagi kami berdua yah. Semoga doa-doa kami untuk Bobby dan Kahiyang dapat dikabulkan," kata Annisa usai menghadiri akad nikah.
Pentingnya Pernikahan Adat seperti Kahiyang Ayu Bagi Annisa PohanFoto: Rengga Sancaya

Annisa juga menggambarkan suasana terasa sangat khidmat, penuh keakraban, dan sederhana. Kental dengan adat Jawa, prosesi pernikahan Kahiyang dan Bobby tersusun dari berbagai ritual, mulai dari pemasangan bleketepe, siraman, midodareni, panggih, pelemparan gental, dan masih banyak lagi.

Bagi Annisa sendiri, pernikahan bergaya tradisional dapat menjadi cara untuk menjaga kekayaan budaya Indonesia. "Sebuah tradisi yang baik ya untuk melestarikan budaya kita," ucap ibu satu anak itu.

Untuk momen spesial itu, Annisa Pohan tampil cantik nan ayu dalam balutan kebaya kartini warna silver rancangan Sapto Djojokartiko. Kebaya dipadukan jarik Jawa yang menyempurnakan penampilan ibu satu anak itu. Kalung yang cantik tersemat di leher memberikan kesan elegan.

Sementara untuk tatanan rambut, Annisa Pohan memilih menerapkan sanggul besar tanpa bunga agar tetap terkesan simpel. Ia juga memakai anting jepit silver sebagai tambahan aksesori. (dng/ays)