5 Mitos Tentang Makeup Pernikahan yang Belum Tentu Benar

Rahmi Anjani - wolipop Senin, 16 Mei 2016 06:35 WIB
Foto: Thinkstock
Jakarta - Selain busana atau gedung pernikahan, calon mempelai wanita tentu juga memikirkan masalah makeup agar tampil sempurna di hari bahagia. Biasanya mereka akan menyewa jasa makeup artist meski ada juga yang bisa merias sendiri. Karena tidak diterapkan setiap hari, tak sedikit wanita yang bingung mengenai teknik atau tema riasannya yang tepat. Belum lagi dengan berbagai mitos yang berkembang mengenai makeup pernikahan. Berikut adalah lima mitosnya yang belum tentu benar:

1. Harus Waterproof
Sebagian wanita atau penata rias bersikeras memakai produk kosmetik waterproof. Hal tersebut memang penting untuk menjaga makeup agar tak mudah luntur karena pelukan atau kecupan dari orang terdekat yang beri selamat. Belum lagi jika Anda mengadakan pesta di ruang terbuka. Namun bila Anda tidak punya riasan berformula anti air, bisa juga menggantinya dengan menerapkan setting spray pasca makeup.

2. Makeup Tebal
Wajar jika wanita ingin terlihat berbeda dan cantik maksimal di acara pernikahannya. Karenanya, tidak masalah jika ingin menerapkan teknik contouring tajam, bulu mata palsu, hingga lensa kontak. Meski begitu disarankan agar Anda tidak melakukannya secara berlebihan yang menjadikan riasan kurang indah dilihat. Hindari pula tampilan atau tema makeup baru atau eksentrik yang belum pernah diterapkan sebelumnya.

3. Menghindari Kilap
Makeup mengkilap kerap dihindari untuk acara pernikahan karena dianggap tidak klasik. Namun sedikit glitter atau highlighter bisa memberi sentuhan segar jika digunakan dengan baik. Dilansir AOL Lifestyle,  Anda dapat menerapkannya di bagian sudut dalam mata agar mata terlihat lebih hidup. Aplikasikan pula highlighter di bagian rahang sehingga bagus saat terpapar cahaya.

4. Jangan Pakai Lipstik Bold
Kebanyakan orang mungkin lebih suka tampil dengan lipstik warna soft saat menikah. Namun tak ada salahnya juga menerapkan lipstik berwarna mencolok yang jadi favorit Anda. Asalkan jika palet tersebut sesuai dengan keseluruhan tampil wajah dan busana. Dianjurkan agar Anda memilih yang formulanya matte dan tahan lama sehingga tidak mudah luntur saat acara.

5. Bawa Makeup untuk Touch Up
Beberapa orang mungkin telah menyarankan agar Anda bawa tas kecil untuk menyimpan beberapa makeup esensial. Sepertinya hal tersebut tidak terlalu perlu dilakukan. Touch up produk kosmetik berbasis bedak, seperti powder atau eyeshadow justru tidak dianjurkan karena ditakutkan mengotori busana. Namun berbeda halnya dengan lipstik. Karena mudah hilang saat minum atau makan, Anda bisa menyimpannya di kantung kecil untuk aplikasi kembali. (eny/eny)