4 Trik Agar Pendapat Anda Didengar Suami

- wolipop Selasa, 20 Sep 2011 17:05 WIB
Dok. Thinkstock
Jakarta - Semua orang paham komunikasi yang baik adalah kunci utama pernikahan. Namun pada kenyataannya, komunikasi antara Anda dan pasangan tak selalu berjalan baik. Seringkali Anda merasa bahwa pendapat atau permintaan tak didengar pasangan. Agar acara mengobrol menjadi lebih lancar, simak empat trik yang dikutip dari womansdaily.

1. Katakan 'tolong', 'terima kasih' sambil menyentuhnya
Mungkin cara ini terdengar klise, tapi hampir semua pakar pernikahan menyarankan Anda untuk mengucapkan kata 'tolong', 'terimakasih' atau menyentuhnya. Tak ada orang yang suka diperintah, terutama oleh pasangan mereka. Pria tidak merasa sebagai pria sejati ketika ia selalu diperintah oleh sang istri.

2. Beri tahu dengan memberikan contoh
Tak jarang pertengkaran suami dan istri disebabkan oleh tugas rumah tangga. Misalnya, keengganan suami membantu istri membersihkan rumah atau kebiasaannya menaruh barang di sembarang tempat.

Menurut psikoterapis Marilyn Kagan, "Wanita melihat dan merasakan kekacauan yang tidak pria lihat."

Hal tersebut diamini oleh psikolog Neil Einbund, PhD, "Ketika saya selesai mencuci piring, istri saya kembali membilasnya karena ia merasa tidak bersih."

Agar pasangan mau mendengarkan pendapat atau permintaan Anda, Kagan dan Neil menyarankan agar Anda selalu memberikan contohnya terlebih dulu. "Pria diciptakan melakukan tugas dengan tujuan. Jadi katakan padanya bagaimana cara mengerjakannya," ujar Kagan.

3. Dapatkan rasa empati pasangan
Salah satu cara agar pasangan mau mendengarkan Anda adalah dengan mendapatkan empati darinya. Sebagai contoh, Anda bisa berkata, "Saya tidak bisa tenang dan menghabiskan waktu bersama kamu jika piring belum dicuci. Mau tidak kamu membantu saya mencucinya?"

Memperlihatkan kesulitan Anda saat melakukan hal-hal berat dan sulit juga bisa bantu meningkatkan empati pasangan. Dengan ia melihat Anda kesusahan mengangkat tumpukan baju kotor atau galon minuman, otomatis pasangan akan dengan senang hati membantu Anda.

4. Memberikan 'reward'
Hampir semua orang senang mendapat hadiah ketika ia berhasil mengerjakan tugas yang melelahkan. Pakar pernikahan menyarankan agar Anda memberikan hadiah yang menyenangkan bagi Anda berdua.

"Wanita selalu melihat bahwa suami yang bertanggung jawab atau ayah yang baik adalah sesuatu yang seksi. Jadi, hadiah terbaiknya adalah sesuatu yang dilakukan di kamar. Hadiah tersebut selalu sukses," jelas Kagan.



(eya/eny)