Aksesori untuk Mempercantik Kuku di Hari Pernikahan

- wolipop Selasa, 26 Apr 2011 12:49 WIB
ist. ist.

Jakarta - Teknik mempercantik tangan atau kuku memang bukan perkara baru untuk kaum wanita. Sejak kurang lebih lima ribu tahun yang lalu, henna sebagai tumbuhan tropis telah digunakan sebagai bahan alami untuk mewarnai rambut, kuku, atau tinta dekoratif telapak tangan.

Bahkan zaman dahulu kala di Mesir, kuku dan ujung jari yang diwarnai telah menjadi ukuran status sosial wanita. Warna merah pekat menempati urutan paling tinggi, dan wanita yang memiliki status sosial rendah mewarnai kuku mereka dengan warna yang lebih pucat. Mereka bahkan tidak ragu untuk menggunakan darah mereka sebagai salah satu 'bahan pewarna' cat kuku.

Kini, seiring dengan majunya teknologi dan inovasi di bidang kosmetik, bukan hal yang aneh ketika Anda mendapatkan sebuah cat kuku yang bisa mengering sempurna dalam waktu 15 detik atau kurang. Jika dulu Anda harus menggosok kuku agar terlihat bersinar dan mengkilap, kini Anda hanya perlu menambahkan cat kuku bening sebagai lapisan atas agar warna kuku lebih awet dan mengkilap.

Improvisasi dunia kecantikan tidak berhenti di situ saja untuk masalah mempercantik kuku. Sekarang bahkan sudah lumrah terlihat para wanita modern mewarnai, menggambar, dan menghias kuku mereka dengan cat kuku, glitter, atau bahkan mutiara imitasi dan yang lainnya.

Masalah dekoratif saja tidak cukup sampai di sini. Kuku palsu pun mulai menjadi solusi sederhana bagi para wanita yang memiliki masalah untuk memanjangkan kuku. Dengan kuku yang lebih panjang dan lebar, kuku palsu lebih mudah untuk dihias dan diberi aksesori seru yang cantik seperti di bawah ini:

• Rhinestone atau Flatback Jewel, Kristal, Manik-manik dan lain lainya
Rhinestone adalah hiasan manik-manik yang terdiri hanya satu muka, dengan bagian belakang yang rata sehingga bisa ditempelkan pada permukaan yang datar. Penggunaan Rhinestone sendiri bukan hanya dapat ditempelkan pada kuku, tetapi biasa diaplikasikan juga di atas bahan pakaian.

• Stamper dan Plates
Stamper dan plates bisa jadi alternatif mendekorasi kuku bagi yang tidak bisa melukis tetapi menyukai art painting. Stamper adalah stempel yang memiliki desain khusus untuk cat kuku. Sedangkan plates adalah cetakan dari berbagai bentuk yang akan dicetak.

Cara menggunakanya cukup mudah dan simpel dibandingkan dengan melukis langsung pada kuku. Pada lempengan plat ada lekukan lubang dengan desain tertentu seperti hati, bunga, dan matahari. Plat ini dioles dengan cat kuku khusus pada bagian desain yang diinginkan, dan kemudian, sebelum cat kuku kering stamper ditempelkan pada kuku yang telah diberi cat kuku sebagai dasar.

• Beberapa Macam Bunga Kering
Bunga-bunga kering seperti dry flower, ceramic flower, metalic flower juga sering diaplikasikan dalam nail art. Dry flower adalah jenis bunga yang dikeringkan dengan teknik khusus. Ceramic flower adalah bunga imitasi yang dibuat dari polymer clay. Dan Metalic flower, sesuai namanya, bunga imitasi ini dibuat dari logam yang dicat warna-warni.

• Fruit Fimo
Fruit Fimo adalah aksesori berbentuk buah dengan ukuran kecil yang cenderung unik dan lucu. Bahan Fruit Fimo dari fimo (Sejenis clay) atau lebih terlihat seperti penghapus karet yang panjang, lalu diiris tipis-tipis sebelum dipasang dengan cat kuku bening sebagai perekatnya. Kini, fimo sudah hadir dalam bentuk pilihan yang lebih banyak.



(eny/eny)