Nasihat Finansial Bagi Pengantin Baru

- wolipop Senin, 17 Mei 2010 13:35 WIB

Jakarta - Seperti telah dibahas pada artikel sebelumnya masalah pengaturan keuangan sering menjadi duri di sebuah pernikahan, terutama bagi pasangan yang baru menikah. Ada baiknya untuk merencanakan masalah keuangan dengan matang agar tak menjadi masalah di belakang.

Berikut beberapa tips keuangan yang bisa dilakukan oleh para pengantin baru.

Jangan Rahasiakan Masalah Keuangan
Merahasiakan pendapatan serta pengeluaran adalah kesalahan awal yang akan berdampak buruk bagi kelangsungan hubungan. Ketika melangkah ke jenjang pernikahan, berarti bukan waktunya Anda mengatur hidup sendiri. Kini semua harus dibicarakan dengan pasangan, walaupun Anda memiliki penghasilan sendiri.

Akun Pribadi atau Bersama
Tentukan bagaimana Anda menyimpan uang bersama. Anda bisa tetap menyimpannya di akun pribadi atau membuat akun baru atas nama berdua. Bicarakan dengan baik untuk memutuskan hal tersebut dengan pasangan.

Buat Budgeting Bulanan
Bicarakan dengan baik perencanaan pengeluaran Anda dan pasangan. Setelah berkeluarga, tentunya ada perbedaan pengeluaran bagi Anda dan suami. Jika biasanya Anda menghabiskan gaji untuk baju dan sepatu, setelah menikah mungkin harus ada kebiasaan yang berubah.

Pertangungjawaban Pengeluaran

Di akhir bulan, biasakan membuat pertanggungjawaban bulanan keuangan. Dari catatan, Anda bisa melihat apa kekurangan dan kelebihan perencanaan keuangan.




(kee/fer)
Layar Pemilu
×
Nalar, Mental, Psikologis Usai Kompetisi
Nalar, Mental, Psikologis Usai Kompetisi Selengkapnya