ADVERTISEMENT

Rani Dharma
Tarot Expert
Rani Dharma
SEND YOUR QUESTION

Konsultasi Tarot

Utang Keluarga Menumpuk Tapi Suami Seakan Tak Peduli

- wolipop Kamis, 07 Jul 2022 16:45 WIB
Shot of a young woman looking stressed while using a laptop to work from home Foto: Getty Images/mapodile
Jakarta -

Sudah 4 tahun pernikahan, sejak memiliki anak dan kemudian pandemi, saya dan suami menjadi memiliki utang keluarga (baik dengan bank, kerabat, dan pinjaman online) yang jumlahnya tidak sedikit. Kesalahan saya adalah tidak memberitahu di awal jika pendapatan kami berdua kurang untuk kebutuhan (terlebih sejak ada anak), sehingga saya memutuskan untuk mengambil pinjaman.

Seiring berjalan waktu, saya tidak sanggup memikul beban sendiri, dan saya jujur kepada suami dan menjelaskan utang keluarga dipergunakan untuk apa saja, dan memberikan rincian pengeluaran bulanan keluarga secara detail. Saya memutuskan untuk tinggal di rumah orang tua dan menyewakan rumah kami dengan dalih untuk menambah pendapatan agar utang segera lunas.

Namun saya lihat suami seperti tidak nyaman, tetapi dia terkesan cuek terhadap permasalahan utang keluarga ini, dan terkesan tidak berinisiatif mencari solusi bagi keluarga kami. Saya harus bagaimana? Mohon masukannya, karena saya merasa stres jika harus memikirkan masalah ini seorang diri, padahal pinjaman digunakan untuk keperluan keluarga.

(Riska)

Jawab:

Kartu pertama untuk Riska adalah Eight of Pentacles terbalik memperlihatkan ketiadaan motivasi, sumpeknya situasi sehingga akan sulit untuk mencari jalan keluar yang produktif. Coba untuk jalan-jalan keluar dari rumah sebentar, atau sharing dengan keluarga / relasi yang dapat Anda percaya agar pikiran tidak disitu-situ saja. Diharapkan dari sharing tersebut Anda bisa mendapatkan perspektif baru dalam menyikapi situasi ini.

Eight of Wands terbalik sebagai kartu kedua adalah pertanda panik. Usahakan dalam situasi seperti ini Anda tenang dan berlatih untuk menyadari nafas. Di sini sebenarnya Anda juga tidak sendirian, namun step by step nya harus benar-benar dijalani satu per satu. Memang tidak mudah tetapi hal tersebut adalah konsekuensi yang harus dijalani.

Kartu ketiga adalah Judgement terbalik. Situasi saat ini bisa berubah dengan cepat, jadi tetaplah optimis dan berusaha tak kenal lelah untuk membayar satu per satu hutang Anda. Minta bantuan secara jelas dan bicaralah sungguh-sungguh kepada suami jika memang Anda tidak sanggup atasi sendiri. Jalani komitmen apapun yang Anda bisa lakukan sekarang.



Simak Video "Pengumuman! BLACKPINK Konser di Jakarta Maret 2023"
[Gambas:Video 20detik]
(hst/hst)