Jangan Impulsif, Ini Cara Belanja Keperluan Lebaran dengan Hemat

Angga Laraspati - wolipop Jumat, 22 Apr 2022 16:00 WIB
BNI Foto: dok. BNI
Jakarta -

Hari Raya Idul Fitri terkadang membuat masyarakat berbondong-bondong membeli keperluan untuk Lebaran. Tentunya, hal ini harus disikapi dengan baik agar THR yang didapatkan tidak langsung habis.

Ditambah lagi beberapa harga bahan pokok tengah mengalami kenaikan yang cukup tinggi. Pastinya siapapun tak ingin THR yang diperoleh langsung habis seketika, apalagi masih banyak keperluan lain yang diperlukan.

Karenanya berhemat menjadi cara paling jitu agar pengeluaran selama berbelanja keperluan lebaran tidak membengkak. Dilansir dari CNBC ada beberapa cara untuk menghemat kegiatan belanja, berikut beberapa di antaranya.

Waspadai 'Penyusutan'

Untuk mengatasi kenaikan biaya, perusahaan makanan biasanya mencoba taktik 'penyusutan' yaitu perusahaan membuat kemasan lebih kecil sambil menjaga harga tetap sama. Hal ini dilakukan karena konsumen biasanya hanya memperhatikan harga bukan harga per berat.

Seorang blogger, Erin Chase merekomendasikan agar orang mulai memperhatikan harga per ons yang tercantum pada label toko. Sehingga konsumen tidak hanya menganggap barang atau sebuah merek lebih murah.

Jangan Habiskan Uang untuk Daging

Cara selanjutnya untuk menghemat uang ketika berbelanja adalah mencoba untuk membeli sedikit daging. Ini dikarenakan daging sering menjadi salah satu komponen makanan yang paling mahal.

Dengan mengurangi konsumsi daging, tentu konsumen bisa menghemat beberapa puluh hingga ratusan ribu rupiah. Sebagai gantinya, cobalah untuk membeli protein lain seperti ayam, ikan atau protein lainnya yang lebih terjangkau.

Rencanakan Pengeluaran

Untuk menghindari pembelian impulsif, cobalah untuk merencanakan terlebih dahulu apa saja sekiranya yang ingin dibeli, apa yang ingin dimasak atau dibuat, atau berapa bujet maksimal yang bisa dikeluarkan ketika berbelanja.

Dengan cara ini, kemungkinan seseorang terhindar dari belanja yang berlebih hingga membeli barang-barang yang tidak dibutuhkan. Pastinya uang THR akan tetap aman dan tidak terbuang secara percuma.

Manfaatkan Diskon & Promo

Menjelang Lebaran, biasanya ada beberapa diskon hingga promo barang-barang tertentu kepada konsumen. Hal ini bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan beberapa keperluan dengan harga miring dan tidak membuat kantong kering.

Salah satu diskon dan promo yang bisa dimanfaatkan adalah promo dari BNI lewat pemakaian Kartu Debit Emerald dan Debit BNI, Kartu Kredit BNI, dan TapCash. Seperti belanja di Superindo menggunakan Kartu Debit BNI berupa promo potongan langsung Rp 20 ribu untuk pembelian daging segar dengan minimal transaksi Rp 400 ribu per struk setiap hari Jumat, Sabtu dan Minggu hingga 30 Juni 2022.

Khusus pengguna Kartu Kredit BNI ada juga promo potongan langsung Rp 30 ribu dengan minimal transaksi Rp 650 ribu per struk. Promo ini hanya berlaku untuk 1 customer atau transaksi per hari setiap hari Jumat - Minggu hingga 8 Mei 2022.

Bagi pemegang kartu debit Emerald BNI bisa juga mendapatkan beberapa promo seperti berbelanja di Foodhall dengan beberapa promo yaitu promo reguler dan juga promo Ramadan.

Setiap weekend Selama bulan Ramadhan, pengguna Kartu Debit Emerald BNI bisa mendapatkan Voucher The Foodhall Rp150.000 untuk minimum transaksi Rp1.000.000/struk/ kartu/hari.

Ada juga beberapa promo lainnya dari BNI yang pastinya tak bisa dilewatkan kali ini. Untuk info lebih lanjut bisa dilihat di link berikut ini.



Simak Video "BNI Undian Rejeki BNI Versi Tesla"
[Gambas:Video 20detik]
(ads/ads)