ADVERTISEMENT

Bibit, Pupuk & Pot Jadi Produk Rumah Tangga Paling Populer di Tokopedia

Yudistira Perdana Imandiar - wolipop Jumat, 25 Mar 2022 16:21 WIB
Tropical Monstera Deliciosa Thai Constellation houseplant with beautiful white sprinkled varigated leaves in basket flower pot in living room with many plants in burry background Foto: Getty Images/iStockphoto/Firn
Jakarta -

Pembatasan mobilitas saat pandemi memberi ruang bagi orang-orang untuk menekuni hobi, baik yang sudah lama digemari atau baru memulainya. Hobi yang mudah dilakukan di rumah naik daun kala pandemi, antara lain mendekorasi rumah, berkebun, dan sebagainya.

Menekuni hobi menjadi cara untuk mengusir bosan agar tetap kerasan tinggal di rumah. Tingginya minat masyarakat untuk menekuni hobi dari rumah tercermin dari tingginya transaksi kategori 'Rumah Tangga' di Tokopedia selama 2021. Benih bibit tanaman, pupuk, hingga pot tanaman merupakan beberapa produk rumah tangga yang paling populer selama 2021 di Tokopedia.

"Tren belanja Tokopedia sepanjang 2021 pun menunjukkan kategori Rumah Tangga masih menjadi salah satu kategori favorit masyarakat," kata Category Development Senior Lead (Home & Living Category) Tokopedia Fifa Itallia dikutip dalam keterangan tertulis, Jumat (25/3/2022).

Tingginya transaksi di kategori tersebut, lanjut Fifa, turut didorong oleh sederet inisiatif dari Tokopedia untuk memenuhi kebutuhan masyarakat sekaligus mendukung para pegiat usaha lokal dari industri yang berkaitan dengan rumah tangga.

Misalnya, Home Living SALEbrations yang merupakan kampanye terbesar pada kategori Rumah Tangga, Cantik Fest yang menyediakan berbagai kategori produk mulai dari Rumah Tangga, Kecantikan, Fesyen hingga Olahraga, serta Waktu Indonesia Belanja (WIB) yaitu festival belanja bulanan Tokopedia setiap tanggal 25 hingga akhir bulan.

Di samping itu, Tokopedia juga terus menggencarkan inisiatif Hyperlocal untuk lebih mendekatkan UMKM lokal pada kategori Rumah Tangga di berbagai daerah dengan pembeli setempat agar memiliki kesempatan yang sama untuk bertumbuh.

"Didorong oleh inisiatif Hyperlocal ini, kami melihat Sumatera Selatan, Bali, Sulawesi Utara, Kalimantan Utara dan Papua Barat menjadi beberapa provinsi dengan peningkatan jumlah penjual di kategori Rumah Tangga paling tinggi selama 2021 dibandingkan 2020," ujar Fifa.

(ncm/ega)