Tips Memilih Barang Elektronik Berkualitas dan Menguntungkan

Abu Ubaidillah - wolipop Jumat, 02 Apr 2021 09:05 WIB
ilustrasi Foto: ilustrasi
Jakarta -

Ada banyak merek dan produk elektronik yang ada di pasaran, semuanya memiliki beberapa ketentuan dan keunggulan yang berbeda-beda antara satu dengan lainnya. Untuk menentukan yang terbaik dan berkualitas, terkadang sebagai konsumen harus benar-benar menyesuaikan dan menentukan semuanya secara jelas.

Memilih barang elektronik yang bagus dan berkualitas tentunya memberikan banyak keuntungan, terutama dalam sisi fitur kegunaan dan finansial.

Dengan begitu membuat barang yang digunakan tetap awet dan tahan lama dalam waktu yang panjang, sehingga hemat dari sisi pengeluaran. Berikut ini memilih barang elektronik yang berkualitas dan tepat.

1. Cek Original Pabrik

Untuk mendapatkan barang elektronik yang berkualitas memang tidak bisa sembarangan, tentunya harus memperhatikan dan melakukan pengecekan mengenai originalitasnya. Hal ini sangat penting untuk diperhatikan, karena apabila produk mengalami kendala atau permasalahan akan mudah untuk dilakukan perawatan dan pengembalian.

Dengan memastikan originalitas pabriknya membuat Anda akan lebih mudah untuk menentukan sebuah produk yang ada. Sehingga barang elektronik yang dimiliki tersebut dapat bertahan lama dan benar-benar berkualitas. Tentunya ini menjadi perhatian bersama agar mendapatkan produk yang tepat.

Beberapa merek elektronik juga ada yang membuat produknya di luar negeri, seperti di Malaysia dan Thailand. Dan ada beberapa produk yang diproduksi di China maupun dirakit produknya di Indonesia.

Sebagai pusat produksi elektronik di dunia, hasil rakitan di pabrik China dan Thailand diakui memiliki Quality Control (QC) yang lebih bagus dan ketat dibandingkan hasil produksi di negara Malaysia maupun Indonesia. Untuk barang elektronik lainnya, Anda bisa mengetahui lokasi pembuatan merk dari label di kemasan atau bisa mencari informasi mengenai pabrik tersebut melalui internet atau sumber lainnya.

2. Terdapat Sertifikat Resmi

Ada beberapa produk yang beredar mempunyai penghargaan yang didapatkan dari berbagai tes dan uji coba. Kegiatan ini dapat menjadi perhatian untuk mencari dan mendapatkan produk elektronik yang berkualitas. Sertifikat yang ada sebagai nilai tambah dan menentukan sebuah kualitas dari produk elektronik. Anda harus pastikan label spesifikasi yang tertera di produk adalah sama dengan hasil pengujian dan telah lolos sertifikasi produk.

Ada banyak sertifikat yang diberikan, tentunya Anda dapat menyesuaikan dan mencari beberapa kebutuhan yang diperlukan. Terpenting Anda harus memperhatikan kualitas dari standar yang ada, untuk Indonesia sendiri harus mempunyai tulisan SNI nya sebagai produk yang telah teruji dan aman sesuai dengan regulasi yang berlaku di Indonesia. Untuk beberapa produk, juga ada label EER ( Energy Efficiency Ratio ) di produknya untuk menjelaskan level efisiensi energi di produk tersebut.

Untuk mendapatkan produk berkualitas, tentunya Anda dapat melihat dari beberapa produk lainnya. Misalnya jika sedang mencari AC, Anda dapat mengecek produk dari Gree, Brand ini disebut menjadi merek yang memberikan garansi purna jual terlama di kategori industri pendingin udara.

Adapun garansi tersebut yaitu garansi Platinum Warranty yang meliputi satu tahun ganti unit baru, garansi 5 tahun service dan suku cadang untuk unit indoor, ditambah 10 tahun garansi untuk kompresor. Salah satu produk AC nya yaitu G-Tech bahkan ada yang mendapatkan Top Innovation Choice Award 2020 sebagai "AC Split Residensial Berkonsep Modular Pertama Dengan Fungsi Penjernih Udara Ruangan".

3. Kunjungi Toko Resmi

Untuk mendapatkan produk elektronik yang berkualitas dan tidak cacat menjadi dambaan semua orang, terutama untuk keperluan di rumah Anda.

Untuk mendapatkannya Anda bisa langsung mengunjungi toko authorized dealer secara langsung atau jika ingin membeli via online bisa mengunjungi official store di marketplace pilihan seperti di Shopee, Tokopedia, Lazada, Bukalapak, Blibli, JD.ID dan AKULAKU.

Pastikan Anda membelinya secara resmi. Hal ini untuk mendapatkan garansi serta menjamin kualitas dan keaslian barang yang dibeli. Untuk mengecek keaslian produk, bisa juga mengecek via barcode unit produk apakah memang berhak mendapatkan garansi resmi yang ditawarkan oleh berbagai merek.

4. Mendapatkan Keuntungan Tambahan

Biasanya beberapa brand akan menawarkan beberapa benefit atau keuntungan tambahan. Ada banyak pilihan dan varian dalam benefit tersebut baik dari garansi yang panjang, bonus cashback, potongan harga maupun promo trade-in.

Beberapa brand memberikan beberapa benefit ini, seperti pada merek OPPO yang memberikan potongan harga atau promo cashback AC Gree yang sedang berlangsung sekarang dan diperpanjang sampai akhir Mei 2021.

Untuk informasi lebih lanjut terkait promo cashback ini dapat menghubungi Gree Indonesia di nomor: 0800-1-777-888 (bebas pulsa) atau melalui media sosial Facebook Gree Indonesia/ Twitter: @greeindonesia / Instagram @greeindonesia dan website www.gree.id

[Gambas:Youtube]




(ads/ads)