Rekomendasi 7 Deodoran Natural yang Lebih Aman untuk Kesehatan

Rahmi Anjani - wolipop Senin, 25 Jan 2021 15:10 WIB
Shot of a young woman spraying herself with deodorant Foto: iStock
Jakarta -

Deodoran menjadi salah satu produk perawatan badan wajib punya baik bagi pria dan wanita. Tapi terkadang deodoran juga bisa menimbulkan masalah seperti kandungan kimia yang membuat iritasi dan diduga kurang baik jika terserap tubuh. Agar lebih sehat, kamu pun bisa memilih deodoran natural yang minim bahan kimia dan tanpa kandungan aluminium.

Berbagai laporan menyebutkan jika aluminium dapat memicu berbagai penyakit, termasuk kanker jika masuk ke dalam tubuh. Untuk menghindari efek samping yang serius, deodoran natural yang dibuat dari bahan-bahan alami seperti minyak kelapa, baking soda, dan tawas bisa dipilih agar lebih sehat dan aman. Berikut tujuh rekomendasinya.

Sensatia Botanicals

deodoran naturaldeodoran natural Foto: dok. Brand

Sensatia Botanicals menyediakan varian deodoran natural dengan berbagai jenis wangi dan ada juga yang tidak beraroma. Untuk yang beraroma bunga, kamu bisa memilih varian Hinako Bloom. Item seharga Rp 125 ribu tersebut punya wangi manis dan feminin. Produk ini pun dibuat dengan campuran ekstrak tumbuhan yang dapat mengurangi bau badan secara natural, seperti daun pandan. Sedangkan bahan bengkoang akan menghaluskan kulit di area ketiak.

Sukin Natural Deodorant

deodoran naturaldeodoran natural Foto: dok. Brand

Sukin juga merilis deodoran natural yang direkomendasikan. Deodorant tanpa aluminium ini mencegah timbulnya bau badan dengan kandungan mandarin, tangerine, lavender, vanilli oil, nettle, aloe vera, burdock, hingga zinc. Berbeda dengan produk kebanyakan, item seharga Rp 150 ribuan itu hadir dengan bentuk spray. Deodoran ini juga bisa menenangkan kulit ketika setelah di-waxing atau dicukur.

Aquila Bali Natural Lightening Deo

deodoran naturaldeodoran natural Foto: dok. Brand

Mencari deodoran yang bisa sekaligus mencerahkan kulit ketiak tapi berbahan natural? Kamu bisa memilih opsinya dari brand Aquila Bali. Dibuat dengan ekstrak Kakadu Plum dan lidah buaya organik, item ini diklaim akan membersihkan dan mencerahkan. Selain itu, produk seharga Rp 80 ribuan tersebut juga dikatakan tidak lengket atau meninggalkan noda.

Oaken Lab Unscented Deodorant

deodoran naturaldeodoran natural Foto: dok. Brand

Jika biasanya deodorant berwujud roll atau spray, beberapa deodoran natural dihadirkan dalam bentuk balm. Deodoran natural dari brand lokal ini pun diklaim bisa menetralisir bau badan yang disebabkan bakteri. Produk berikut dibuat dengan bahan-bahan alami seperti minyak kelapa dan shea butter tanpa aluminium dan pewangi. Deodorant yang diaplikasikan dengan jari tersebut dijual Rp 99 ribu.

Schmidt's Naturals Natural Deodorant

deodoran naturaldeodoran natural Foto: dok. Brand

Schmidt cukup dikenal dengan varian deodoran alaminya. Produk yang memenangkan penghargaan ini punya formula yang diklaim bisa mencegah bau dan menyegarkan ketiak secara natural. Deodoran vegan berikut hadir dengan berbagai macam wangi menarik seperti teh melahi hingga lavender. Item ini dijual Rp 200 ribuan di situs belanja.

Good Vibes Botanical Natural Deodorant

deodoran naturaldeodoran natural Foto: dok. Brand

Deodoran natural brand lokal lain yang dapat dipertimbangkan datang dari Good Vibes Botanical. Dibuat dari butter nabati dan minyak kelapa, item ini aman dari bahan-bahan kimia yang bisa berbahaya. Produk berikut pun diperkaya dengan tea tree dan Bergamot segar yang membuat ketiak wangi sepanjang hari.

Avero Natural Deodorant

deodoran naturaldeodoran natural Foto: dok. Brand

Deodoran natural untuk pria ditawarkan dari brand Avero. Deodoran ini dihadirkan dalam bentuk balm dengan berbagai varian wangi seperti tea tree, vanilla, musk, lavender, peppermint, dan lain-lain. Item berikut dijual Rp 60 ribuan.

(ami/ami)