Ada 5 Tipe Wanita Saat Berbelanja, Mana yang Paling Sehat?

Rahmi Anjani - wolipop Senin, 06 Jul 2020 14:10 WIB
Young woman trying clothes in a fitting room and photographing herself in a mirror // mobile stock photo made with iPhone 6s Foto: iStock
Jakarta -

Bagi banyak orang terutama wanita, belanja menjadi sebuah hiburan dan ajang terapi. Selain bisa tampil lebih cantik dengan baju atau kosmetik baru, pengalaman belanja di mal atau e-commerce menimbulkan rasa senang. Tapi kadang alasan lain yang bisa jadi penyebab sebenarnya kamu belanja sepertinya kurangnya self esteem hingga ada masalah pribadi. Berikut lima tipe wanita saat belanja menurut stylist Styled By Susie, Susie Hasler beserta kelebihan dan kekurangannya:

1. Pembelanja Sosial
Tak sedikit wanita yang belanja karena ingin merasa senang dan bersosialisasi dengan teman. Biasanya tipe pembelanja seperti ini membeli tanpa tujuan tertentu sehingga sering kelewatan batas. Salah satu tanda lain adalah mereka sering berhenti untuk istirahat atau beli kopi di tengah sesi belanja.

Kelebihan: Kamu punya hubungan positif dengan belanja karena membuat interaksi sosial.
Kekurangan: Belanja tanpa tujuan membuat kamu bisa terpengaruh pendapat teman dan membuat keputusan terburu-buru sehingga jadi boros.

2. Pembelanja Terapi
Bukan rahasia lagi jika belanja menjadi terapi bagi banyak wanita yang sedang bermasalah. Belanja terasa seperti hadiah karena bisa meningkatkan mood yang sedang down. Sebenarnya tak hanya saat sedih, beberapa orang juga memanfaatkan kegembiraannya untuk merasa lebih senang dengan membeli barang-barang baru.

Kelebihan: Belanja bisa jadi moodbooster yang membuat kamu bahagia saat merasa down.
Kekurangan: Perasaan senang karena belanja sayangnya hanya bertahan sebentar. Hal itu pun bukan cara yang baik untuk memperbaiki emosi.

3. Belanja untuk Memberi
Ada juga wanita yang sering membelanjakan orang-orang tersayang mereka. Menggunakan uang untuk orang lain memang bisa terasa lebih berharga. Meski tampaknya itu adalah sesuatu yang baik, hal ini juga bisa berarti kamu punya harga diri yang rendah.

Kelebihan: Kamu merasa senang ketika orang merasa senang. Kamu bisa membuat mereka lebih bahagia.
Kekurangan: Jika kamu tidak pernah membeli barang untuk diri sendiri, kamu bisa dibilang kurang menghargai diri sendiri. Kamu merasa tidak berhak untuk menerima hadiah.

4. Pemburu Diskon
Kapanpun brand favorit kamu sedang sale, kamu langsung akan meluncur ke sana? Sepertinya kamu adalah tipe pemburu diskon. Kamu lebih suka beli barang dipotong harga yang menimbulkan efek senang karena merasa hemat dan memenangkan sesuatu. Bagi kamu, belanja adalah seorang permainan.

Kelebihan: Kamu lebih hemat.
Kekurangan: Kamu sering merasa tidak terkoneksi dengan barang-barang yang dibeli karena hanya memilih yang murah. Kadang barang-barang itu pun jadi tidak terpakai.

5. Pembelanja Bertujuan
Alasan tipe pembelanja ini ke mal, toko, atau situs belanja adalah karena memang punya tujuan. Mereka butuh beberapa hal dan membuat daftar agar tidak ada yang ketinggalan atau kelebihan. Biasanya tipe ini juga akan mencoba dulu sebelum membeli agar tidak rugi.

Kelebihan: Tipe pembelanja ini bisa menghemat uang, membuat keputusan yang lebih baik, dan punya hubungan yang sehat dengan belanja.
Kekurangan: Jarang orang belanja dengan cara ini jadi perlu kamu terapkan secepatnya.



Simak Video "Tren Belanja Online Jadi Pemasok Sampah Plastik Terbanyak"
[Gambas:Video 20detik]
(ami/ami)