10 Tips Belanja ke Supermarket Selama Ada Aturan PSBB Karena Corona

Rahmi Anjani - wolipop Senin, 13 Apr 2020 14:37 WIB
Ilustrasi belanja Tips Belanja ke Supermarket Selama Pandemi Corona. Foto: Shutterstock
Jakarta -
Untuk menekan angka penyebaran virus Corona, sejumlah daerah tengah menerapkan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar). Di Jakarta, dalam dua minggu ke depan masyarakat diminta untuk tidak keluar rumah jika tidak diperlukan. Meski begitu, tentu berbelanja ke supermarket masih diperbolehkan. Berdasarkan aturan PSBB, berikut tips belanja untuk menghindari virus Corona yang disarankan para pakar:

1. Manusia adalah Fokus Risiko
Tentu ada risiko terpapar virus Corona ketika berbelanja. Tapi jika kamu waspada, membeli bahan pokok dan makanan tak perlu jadi kekhawatiran. Salah satu hal yang perlu diingat adalah manusia adalah risiko utamanya bukan barang yang dibeli. Kebanyakan pasien tertular COVID-19 karena terpapar droplet karenanya jagalah jarak dengan orang lain.

2. Belanja Seperlunya
Untuk mencegah tertular virus Corona ketika berbelanja, lakukanlah secara efisien. Sebelum pergi ke supermarket, daftarkan terlebih dahulu barang-barang yang dibutuhkan agar tidak terlalu lama berpikir di sana. Tapi jangan pula terburu-buru untuk memastikan semua kebutuhan pokok sudah didapatkan.

3. Gunakan Masker
Salah satu aturan pemerintah untuk mengatasi virus Corona adalah memakai masker kain. Meski sebelumnya masker disarankan hanya untuk petugas medis dan orang sakit, penutup hidung dan mulut kini dianjurkan ketika harus keluar rumah. Ingat untuk memakai masker kain karena masker medis hanya diperuntukkan untuk yang membutuhkan.
Seorang perempuan mengenakan masker putih.Tips Belanja ke Supermarket Selama Pandemi Corona. Foto: thinkstock


4. Pergi Sendiri
Selama PSBB, tidak diperbolehkan untuk berkumpul lebih dari lima orang. Karenanya tak perlu membawa keluarga atau asisten rumah tangga jika tidak diperlukan. Hal ini juga akan menghindarkan mereka dan keluarga dari paparan virus Corona.

5. Tak Perlu Pakai Sarung Tangan
Banyak orang ingin ekstra perlindungan dengan memakai sarung tangan ketika pergi berbelanja. Tapi pakar mengatakan hal ini tak diperlukan. Cukup dengan berjaga jarak, sanitasi keranjang dan tangan, serta pakai masker sudah bisa menghindarkan kamu dari virus Corona saat ke supermarket.

"Aku melihat banyak orang pakai sarung tangan di publik dan mereka memakainya seharian dan melakukan aktivitas normal, seperti bicara di telepon, mungkin makan, mungkin mengurus makanan yang akan dimakan nantinya dengan sarung tangan itu. Dan itu bukan praktek yang baik," kata virologist Angela Rasmussen kepada NPR.

Close-up view of hands in rubber gloves pushing shopping carts in front of supermarket.Tips Belanja ke Supermarket Selama Pandemi Corona. Foto: Getty Images/iStockphoto/Kerkez
6. Jangan Pakai Handphone
Selain manusia, kamu juga perlu berjaga jarak dengan handphone. Jika bisa hindari memakai handphone karena meningkatkan risiko terpapar virus Corona. Terlebih handphone sering dipakai ke mana-mana dan didekatkan ke wajah.

7. Pembayaran Tanpa Sentuh
Angela juga menyarankan agar kamu berbelanja dengan pembayaran tanpa sentuh. Artinya pakai alat-alat transaksi selain uang tunai dan kartu. Belakangan banyak aplikasi pembayaran yang memungkinkan pengguna untuk membayar lewat scanning, chip, atau nomor telepon untuk mencegah paparan virus COVID-19.

8. Tak Perlu Disinfektan Belanjaan
Beberapa orang yang khawatir barang belanjaan mereka menyimpan virus Corona lalu mendesinfektan semuanya. Hal itu tidak disarankan karena hanya akan membuang waktu dan disinfektan. Yang jelas dibutuhkan adalah mencuci tangan setelah menata semua produk.

"Waktu berpihak pada kita untuk hal ini. Setelah 24 jam, kebanyakan virus (pada barang) tidak lagi menular," kata Dr. David Aronoff yang membawahi Divisi Penyakit Menular di Vanderbilt University Medical Center.

cuci sayuranTips Belanja ke Supermarket Selama Pandemi Corona.
Foto: Istimewa
9. Bersihkan Bahan Makanan Segar
Terlebih dengan mewabahnya virus Corona, penting untuk memastikan apa yang kita konsumsi sudah higienis. Sebelum makan atau memasak, cuci sayur dan buah dengan air bersih. Jika ada, rendam dengan pembersih khusus bahan makanan tapi jika tidak ada, air pun sudah cukup dan hindari menggunakan sabun biasa.

"Tidak ada bukti bahwa makanan-makanan ini (sayur dan buah) bisa menularkan virus atau menjadi penyebab COVID-19," tutur Donald Schaffner, seorang mikrobiologis makanan yang menyarankan orang-orang tetap makan sehat.

10. Tak Selalu Perlu Langsung Mandi
Sejumlah orang berpikir mereka harus langsung mandi dan berganti pakaian ketika pulang dari berbelanja atau luar rumah. Tapi virologist mengatakan hal itu tak selalu dibutuhkan ketika kamu tahu baju tidak bersentuhan dengan wajah sendiri atau orang lain. Namun untuk berjaga-jaga terlebih jika ada anak kecil, tentu tidak salah pula melakukannya.



Simak Video "Tahu Nggak Sih? Ini Daya Tahan Virus Corona di Berbagai Benda"
[Gambas:Video 20detik]
(ami/ami)