Tips Aman Belanja di Pasar dan Supermarket Agar Terhindar Virus Corona

Rahmi Anjani - wolipop Selasa, 17 Mar 2020 05:30 WIB
ilustrasi belanja Tips Aman Belanja Agar Terhindar Virus Corona. Foto: shutterstock
Jakarta -
Virus Corona membuat sejumlah orang takut keluar rumah dan beraktivitas seperti biasa. Tapi bahan makanan dan kebutuhan sehari-hari harus tetap terpenuhi. Karenanya, tetaplah menjalankan aktivitas seperti biasa selagi melakukan social distance. Berbelanja ke supermarket pun termasuk kegiatan yang diperbolehkan asal dilakukan dengan berhati-hati. Ini tips aman belanja di pasar dan supermarket agar terhindar virus Corona.
Pakai Sarung Tangan dan Masker
Salah satu cara melindungi diri paparan virus adalah dengan memakai sarung tangan ketika mengambil produk dan bertransaksi selagi berbelanja. Untuk perlindungan ekstra, Anda pun dapat mengenakan masker penutup hidung dan mulut selama membeli barang di pasar dan supermarket.

Hindari Pegang Wajah
Tips belanja di supermarket atau masker yang penting dilakukan selama pandemi virus Corona adalah hindari pegang wajah. Saat sudah membersihkan tangan dengan sabun dan sanitizer, pastikan juga jari-jari tak menyentuh wajah. Hindari tangan menyentuh bagian-bagian vital, seperti mata, hidung, dan mulut yang cepat menularkan virus Corona.

Tips Aman Belanja di Pasar dan Supermarket Agar Terhindar Virus CoronaTips Aman Belanja Agar Terhindar Virus Corona. Foto: thinkstock
Langsung Lepas Sesampai di Rumah
Agar tidak memaparkan bakteri dan virus setelah belanja di supermarket atau pasar, segera lepas masker dan sarung tangan sesampainya di rumah. Untuk lebih aman, buang alat perlindungan diri tersebut di tempat sampah di luar rumah demi menjauhkan virus Corona dari keluarga.

Cuci Tangan Setelah Pegang Produk Binatang
Cuci tangan setelah bepergian atau menyentuh barang asing wajib dilakukan. Apalagi jika Anda berbelanja dan memegang produk-produk dari binatang, seperti daging. Untuk perlindungan ekstra, Anda dapat menggunakan hand sanitizer setelah cuci tangan minimal 20 detik dengan sabun.

Tips Aman Belanja di Pasar dan Supermarket Agar Terhindar Virus CoronaTips Aman Belanja Agar Terhindar Virus Corona. Foto: Getty Images/iStockphoto/Vesnaandjic
Hindari Binatang Liar di Pasar
Jika Anda berbelanja di pasar, hindari memegang binatang yang dijual hidup. Begitu juga dengan binatang liar. Hal tersebut juga merupakan salah satu tips penting dari WHO untuk menghindari Corona ketika berbelanja.

Lihat Persediaan dan Bikin Daftar
Sebelum belanja di pasar atau supermarket selama pandemi Corona, ada baiknya melihat persediaan barang di dapur dan gudang Anda terlebih dahulu. Setelah itu, daftarkan produk-produk apa saja yang sekiranya diperlukan selama masa social distancing. Selain agar hemat, cara ini juga akan menghindarkan Anda dari panic buying atau borong.

Jangan Borong
Banyak orang terdorong untuk borong belanjaan karena takut dengan imbas virus Corona. Memiliki persediaan barang selama masa social distance memang baik tapi hal ini bisa merugikan orang lain. Jika bisa berbelanjalah seperti biasa namun tambahkan beberapa barang yang sekiranya lebih diperlukan, misalnya masker, vitamin, sayur, atau buah untuk menjaga kesehatan.

Tips Aman Belanja di Pasar dan Supermarket Agar Terhindar Virus CoronaTips Aman Belanja Agar Terhindar Virus Corona. Foto: Shutterstock



Simak Video "Tahu Nggak Sih? Ini Daya Tahan Virus Corona di Berbagai Benda"
[Gambas:Video 20detik]
(ami/ami)